LAZADA

Jumat, 24 Maret 2017

RPP Kebugaran Jasmani IX




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
   Satuan Pendidikan        : SMP/ MTs
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan        
Kelas / Semester             : IX / 1 (Ganjil )
Materi Pokok                 : Aktivitas Kebugaran Jasmani
Alokasi Waktu               : 6 x 40 menit ( 2 x pertemuan )

A.    Kompetensi Inti :          
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agam yang dianut.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan indikator:                
     3.7  Memahami konsep penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait   dengan kesehatan secara sederhana.
3.7.1   Menjelaskan tentang pengembangan komponen kebugaran jasmani.
3.7.2   Menjelaskan tentang fungsi dari kebugaran jasmani.
3.7.3  Mengidentifikasi jenis latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan di dalam kebugaran jasmani.
4.1 Mempraktikkan penyusunan dan latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan berdasarkan program yang disusun secara sederhana.
4.1.1        Mendemonstrasikan latihan kekuatan secara perorangan dan berkelompok.
4.1.2        Mendemonstrasikan latihan kecepatan secara perorangan dan berkelompok.
4.1.3        Mendemonstrasikan latihan daya tahan perorangan dan berkelompok.
4.1.4        Mendemonstrasikan latihan kelincahan secara perorangan dan berkelompok.



C.    Tujuan Pembelajaran :
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
1.      Menjelaskan tentang pengembangan komponen kebugaran jasmani.
2.      Menjelaskan tentang fungsi dari kebugaran jasmani.
3.      Mengidentifikasi jenis latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan didalam kebugaran jasmani.
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa dapat:
1.      Mendemonstrasikan latihan kekuatan secara perorangan dan berkelompok serta menunjukkan nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, sportif dan disiplin.
2.      Mendemonstrasikan latihan kecepatan secara perorangan dan berkelompok serta menunjukkan nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, sportif dan disiplin.
3.      Mendemonstrasikan latihan daya tahan perorangan dan berkelompok serta menunjukkan nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, sportif dan disiplin.
4.      Mendemonstrasikan latihan kekuatan secara perorangan dan berkelompok serta menunjukkan nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, sportif dan disiplin.

D.    Materi Pembelajaran :
·         Fakta
1.      Kebugaran Jasmani sudah pernah di lakukan sebelumnya oleh masing-masing siswa.
2.      Bentuk – bentuk latihan kesegaran jasmani.
3.      Melihat latihan teknik pada saat pembelajaran.
·         Konsep
1.      Latihan kekuatan ( Shit Up, Beck Up dan Push Up )
2.      Latihan kelincahan (Squat thurs dan skipping )
3.      Latihan kecepatan ( Lari 50 Meter )
4.      Latihan daya tahan ( Lari 2,4 Km )
·         Prinsip
1.      Jika latihan kekuatan, kelincahan, kecepatan dan daya tahan dilakukan secara baik dengan koordinasi yang bagus maka akan timbul kebugaran jasmani siswa yang optimal.
·         Prosedur
1.      Sikap awal.
2.      Perkenalan latihan kebugaran jasmani.
3.      Sikap akhir atau gerakan lanjutan.
4.      Sikap tubuh.
5.      Melakukan latihan kebugaran jasmani dengan bentuk sederhana.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Demonstrasi
2.      Menganalisis
3.      Penugasan

F.     Media/Alat/Sumber Belajar
·         Media: LCD, CD, TV, Poster
·         Alat: bola, Pluit, Lapangan dan Patok, Matras.
·         Sumber Belajar: Buku Penjasorkes Kelas IX.

G.    Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA

KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.         Berbaris, berdoa, dan presensi.
2.         Menyampaikan KD yang akan diajarkan.
3.         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.         Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman mereka tentang melakukan latihan kebugaran jasmani.
5.         Mengaitkan apa yang dikemukakan peserta didik denganmateri yang akan dipelajari.
6.         Melakukan pemanasan.
7.         Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok.
15 menit
Inti
Mengamati:
1.         Siswa memperhatikan peragaan teknik dasar latihan kekuatan yang dilakukan oleh peserta didik/ temannya sendiri yakninya cara shit up, push up dan back up.
2.         Setelah itu siswa juga memperhatikan peragaan teknik dasar kelincahan yang dilakukan oleh peserta didik/ temannya sendiri yakninya squat thurs dan skipping.
3.         Guru menilai keterampilan siswa mengamati.
Menanya:
1.         Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang mereka lihat.
2.         Siswa mengajukan pertanyaan mengenai cara melakukan latihan kekuatan dan kelincahan yang belum dipahami.
3.         Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain untuk menanggapi atau menjawab pertanyaan tersebut.
Mencoba:
1.         Pemanasan dengan pendekatan bermain gerobak dorong dan peregangan statis.
2.         Guru mendemonsrasikan gerakan latihan kekuatan dengan cara Shit up, Push up dan Beck up dengan bantuan beberapa peserta didik.
3.         Guru mempraktekkan gerakan kelincahan dengan cara melakukan gerakan squat thrust dan dan skpiing
4.         Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu latihan shit up, push up, beck up, squat thrust dan skipping dengan cara yang benar.
5.         Melakukan gerakan shit up, push up, beck up, squat thrust dan skipping sendiri.
6.         Melakukan gerakan shit up, push up, beck up, squat thrust dan skipping secara langsung berpasangan dan berkelompok.
Mengasosiasi:
1.         Memperagakan bentuk latihan kesegaran jasmani yang baik dan benar atau memperagakan beberapa gambar dan video klip yang berisi bentuk latihan kebugaran jasmani.
2.         Masing-masing kelompok berdiskusi mengelompokkan latihan kesegaran jasmani yang dari mudah sampai yang berat yakninya latihan kekuatan dan kelincahan dan memberikan alasan/argumen.
3.         Guru menilai kemampuan peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya.
Mengomunikasikan
1.         Setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan kebugaran jasmani dengan teknik dasar yang benar.
2.         Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan.
3.         Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.
 85 menit
Penutup
1.         Meminta peserta didik menyimpulkan gerakan kesegaran jasmani melalui latihan kekuatan dan kelincahan yang baik dan benar.
2.         Evaluasi.
3.         Memberi tugas pengamatan variasi gerakan latihan kekuatan dan kelincahan melalui media baca, video dan pengalaman.
4.         Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan kebugaran jasmani yakninya latihan kecepatan dan daya tahan.
5.         Berdo’a/ Bersyukur.
20 menit






Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Berbaris, berdoa, dan presensi.
2.      Merefleksikan kembali pelajaran pertemuan sebelumnya.
3.      Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan dirumah.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari yaitu bentuk latihan kecepatan dan daya tahan.
6.      Melakukan pemanasan.
7.      Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok.
15 menit
Inti
Mengamati dan Menanya:
1.      Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca dan pengamatan tentang latihan kekuatan dan kelincahan dalam aktivitas kebugaran jasmani..
Mencoba:
1.      Pemanasan dengan pendekatan bermain kejar-kejar ekor sapi sebagai penarik siswa di dalam pembelajaran serta peregangan statis dan dinamis.
2.      Guru memaparkan jarak lari yang akan di tempuh di dalam latihan kebugaran jasmani yakninya lari 60 meter untuk latihan kecepatan dan lati 2.400 Meter untuk latihan daya tahan.
3.      Guru memerintahkan murid untuk melakukan lari 60 meter secara satu kali percobaan dan lari 2400 meter secara satu kali putaran.
4.      Peserta didik mencobakan secara bergantian lari jarak 60 meter.
5.      Peserta didik mencobakan lari dengan jarak 2.400 meter hanya satu kali putaran terlebih dahulu.
Mengasosiasi
1.         Setiap siswa  melakukan lari jarak 60 Meter secara bergantian.
2.         Setiap siswa secara berkelompok melaksanakan lari jarak 2.400 Meter dengan bergantian.
3.         Setiap setiap siswa menunggu giliran kelompok/ dirinya yang akan melaksanakan latihan kecepatan dan daya tahan ini.
4.         Guru menilai kecepatan dan daya tahan dari siswa dengan mengolah dan menalarnya..
Mengomunikasikan:
1.         Setiap siswa setelah melaksanakan lari 60 Meter dan lari 2400 meter siswa dapat mengukur kemampuan nya dengan masing-masing temannya..
2.         Perwakilan siswa dapat mengidentifikasi hasil dari waktu yang di tempuhnya.
3.         Setiap siswa dan kelompok diberi kesempatan untuk memberi saran perbaikan kepada teman kelompok lain yang kecepatan dan daya tahannya sangat kurang/ lambat.
4.         Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi.
 85 menit
Penutup
1.         Bersama siswa mengoptimalkan bahwa kecepatan dan daya tahan dalam kesegaran jasmani itu sangat penting untuk di tingkatkan.
2.         Memberikan evaluasi.
3.         Mengingatkan materi pertemuan berikutnya.
4.         Berdo’a/ Bersyukur.
20 Menit

H.    Penilaian
              i.      Mekanisme dan Prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktek, presentasi dan portofolio.

            ii.      Aspek dan Instrumen Penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggung jaawab, dan kerjasama. Instrumen kinerja fortofolio menggunakan lembar makalah dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi latihannya. Instrumen tes menggunakan tes praktik dan tes lisan serta tes tertulis.

a.      Penilaian Pengetahuan (kognitif) / Tertulis
3.1.
Memahami konsep penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan secara sederhana

Soal
1.
Apakah yang dimaksud dengan kebugaran jasmani ?
2.
Sebutkan latihan-latihan apa saja yang terdapat dalam kebugaran jasmani ?
3.
Jelaskan cara melakukan gerakan lompat tali dalam kebugaran jasmani ?
4.
Bagaimana cara melakukan gerakan lari shuttle run dengan baik ?
5

Rubrik
1.
Kebugaran atau kesegaran jasmani adalah sebagai kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti
2.
1.      Latihan Kekuatan
2.      Latihan Kelincahan
3.      Latihan Kecepatan
4.      Latihan Kelenturan
3.
1.      Lengan diputar ke depan sehingga tali berputar ke atas dan bawah.
2.      Pada saat tali berada di bawah, tali segera dilompati.
3.      Tali dapat dilompati dengan dua kaki atau satu kaki bersamaan
4.
Dengan melakukan lari bolak-balik dilakukan dengan secepat mungkin sebanyak 6-8 kali (jarak 4-5 meter).




Kriteria Penilaian :
Nilai = [ skor perolehan : skor maksimal] x 100
Penugasan Fortopolio
Buatlah fortofolio latihan kebugaran jasmani mengenai latihan kekuatan, kelenturan, kecepatan dan kelincahan serta sikap tubuh saat melakukan teknik tersebut. Carilah bahan sebanyak-banyaknya dan ketik kemudiaan diserahkan pada pertemuan berikutnya.
Struktur fortofolio adalah sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Latihan Kekuatan
  3. Latihan Kelenturan
  4. Latihan kecepatan
  5. dan latihan kelincahan
b.      Penilaian Keterampilan (psikomotor) / unjuk kerja
4.1.
Mempraktikkan penyusunnan dan latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan berdasarkan program yang disusun secara sederhana
Soal
1.
Lakukan latihan kebugaran jasmani tentang kekuatan !
2.
Lakukan Latihan kebugaran jasmani tentang kelenturan !
3.
Lakukan latihan kebugaran jasmani tentang kecepatan !
4
Lakukan latihan kebugaran jasmni tentang kelincahan !
Kriteria Penilaian :
No
Keterampilan yang dinilai
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
1
Latihan kekuatan


×

2
Latihan kelenturan

×


3
Latihan kecepatan



×
4
Latihan kelincahan




Nilai = [ skor perolehan : skor maksimal] x 100

c.       Penilaian Afektif
Kompetensi                : KD 3.1 dan 4.1
No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml Skor
Nilai
Akt
Tgjwb
Kerjsm
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
Badu
3
2
3
3
2
4
14
3,5
2









3









Dan seterusnya








Keterangan pengisian skor:                                                   
4 = Sangat Tinggi                   2 = Cukup                  
3 = Tinggi                               1 = Kurang                 
Keterangan:
Akt     : Aktifitas                                Kerjsm : Kerja Sama
Tgjwb : Tanggung Jawab                   Prnsrt   : Peran Serta

       Mengetahui,                                                                                 Padang, Juli 2015
    Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran                          



Drs. Darmalis, M.Pd                                                                            Aattya Padri, S.Pd
NIP.196208241985101001                                                            



1 komentar:

  1. Casino Web for Mobile App | ChoGiocasino
    Use the casino web browser to download the best 퍼스트 카지노 mobile applications 제왕카지노 가입 for the mobile 카지노 게임 사이트 app. ChoGiocasino.com offers a safe, secure 카지노 and reliable solution. 대딸 야동

    BalasHapus

Tips membaca dengan cepat dan benar sesuai isi makna

https://youtube.com/@SaefullahMoch Membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menye...