Pengertian/Definisi
Pendekatan Saintifik, Prinsip Pembelajaran dan Langkah-Langkah Pembelajaran
Dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran
yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin
diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis),
mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan
dengan kegiatan mencipta.
Kurikulum 2013 mengembangkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. (Permendikbud Nomor 54/2013) Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi peserta didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?
Prinsip-prinsip
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013,
yakni :
1.
peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu;
2.
peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar;
3.
proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah;
4.
pembelajaran berbasis kompetensi;
5.
pembelajaran terpadu;
6.
pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang
memiliki kebenaran multi dimensi;
7.
pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
8.
peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan
antara hard-skills dan soft-skills;
9.
pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan
peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10. pembelajaran
yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung
Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan
kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
11. pembelajaran
yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
12. pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pembelajaran;
13. pengakuan
atas perbedaan individualdan latar belakang budaya peserta didik; dan
14. suasana
belajar menyenangkan dan menantang.
Berikut contoh
kegiatan belajar dan deskripsi langkah-langkah pendekatan saintifik pada
pembelajaran kurikulum 2013 adalah:
1. Mengamati:
membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat) untuk
mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui - Mengamati dengan indra
(membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau
tanpa alat.
2. Menanya:
mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati -
Membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi tentang informasi
yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.
3. Mencoba/mengumpulkan
data (informasi): melakukan eksperimen,
membaca sumber lain dan buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas,
wawancara dengan narasumber - Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi,
mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber
lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket,
wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan.
4. Mengasosiasikan/mengolah
informasi: SISWA mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan
mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi - mengolah informasi yang sudah dikumpulkan,
menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan
fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan
menyimpulkan.
5. Mengkomunikasikan:
SISWA menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya - menyajikan laporan dalam bentuk
bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan
meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan.
6. (Dapat
dilanjutkan dengan) Mencipta:
SISWA menginovasi, mencipta, mendisain model, rancangan, produk (karya)
berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar