Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
(RPP) Berkarakter
|
Satuan Pendidikan : SMP/MTs ………………………………….
Mata Pelajaran : Penjasorkes (Wajib)
Kelas / Semester : VII/2
Materi Pokok : Permainan Bola Besar
Sub Materi Pokok : - Permainan
Bolas Basket
- KoordinasinGerakan dengan
Teman Satu Tim dan Manfaat Olah Raga
Bola Basket
Alokasi Waktu : …………………………………..
x Menit
|
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas
jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu
berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c.
Membiasakan
berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1. menjaga tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya yang diberikan oleh Tuhan,
2. mengembangkan
sikap syukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan.
Kompetensi Dasar
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki
perilaku hidup sehat.
Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
bermain sportif dalam melakukan permainan olah raga,
2.
menumbuhkan sikap tanggung jawab saat melakukan
permainan olah raga,
3.
menunjukkan sikap saling menghargai,
4.
mengembangkan sikap kerjasama dalam melakukan
berbagai permainan olahraga,
5.
menumbuhkan sikap toleransi dalam mennggunakan
peralatan olahraga,
6.
menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas
olahraga,
7.
memiliki sikap menerima kekalahan dan kemenangan dalam
suatu permainan.
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami konsep
keterampilan gerak fundamental permainan bola besar
Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
memahami teknik dasar permainan bola basket.
2.
menjelaskan manfaat permainan bola basket.
Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
.Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
mempraktikkan
teknik dasar permainan bola basket,
2.
mempraktikkan koordinasi
gerakan bola basket dengan teman
satu tim.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
mensyukuri atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan,
2.
mengembangkan perilaku sportif,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, kerja sama, toleransi, disiplin, serta
sikap menerima kekalahan dalam pelaksanaan
pembelajaran penjasorkes,
3.
memahami dan mempraktikkan teknik dasar
permainan bola basket,
4.
memahami dan mempraktikkan koordinasi
gerakan bola basket dengan teman satu tim dalam permaian bola basket.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Permainan
Bolas Basket
2. KoordinasinGerakan
dengan Teman Satu Tim dan Manfaat Olah Raga Bola Basket
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
ilmiah (scientifict approach)
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : 1. Ceramah
Plus
2. Curah Pendapat
3. Inquiri
4. Praktik
5. Diskusi
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. Laptop,
CPU
b. LCD
Projector
c.
Film/Video
d. Gambar/Foto
e.
Peralatan olahraga
2.
Sumber Belajar
a. Buku
Ajar Penjasorkes
VII Fokus
b.
Hoedaya,
Dana. 2001. Pendekatan
Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.
c.
Referensi lain yang relevan.
d. Internet
(jika tersedia).
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (… menit)
1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku
referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4. Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam
pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru membuat
kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk
di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.
Guru menampilkan
beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar atau video.
Kegiatan
Inti (… menit)
Mengamati
1. Membaca
buku teks tentang konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam penjasorkes.
2. Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang mengenal bola basket dan
teknik dasar bola basket.
3. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan mengenal bola basket dan teknik dasar bola basket.
4. Peserta
didik mengamati gambar atau video tentang mengenal bola basket dan teknik dasar
bola basket.
Menanya
1. Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada cek kemampuan
awal.
2. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang mengenal bola basket dan teknik dasar bola
basket.
3. Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya.
4. Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait tentang mengenal bola basket
dan teknik dasar bola basket.
Mengeksplorasi
1. Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pada cek kemampuan awal dengan membaca buku
ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait mengenal
bola basket dan teknik dasar bola basket.
3. Peserta
didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis
ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan
tentang mengenal bola basket dan teknik dasar bola basket..
Mengasosiasikan
1. Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang mengenal bola basket dan teknik dasar bola
basket.
2. Peserta
didik merumuskan tentang mengenal bola basket dan teknik dasar bola basket.
3. Peserta
didik menemukan hubungan tentang mengenal bola basket dan teknik dasar bola
basket dengan pertanyaan konsep 5W + 1H.
Mengomunikasikan
1. Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok.
2. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Kegiatan
Penutup (… menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok
melakukan refleksi untuk:
1.
mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2.
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
3.
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya;
4. menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing.
Pertemuan ke-2
Pendahuluan (… menit)
1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku
referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4. Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam
pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru membuat
kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk
di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.
Guru menampilkan
beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar atau video.
Kegiatan
Inti (… menit)
Mengamati
1. Membaca
buku teks tentang konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam penjasorkes.
2. Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang koordinasi gerakan dengan
teman satu tim dan manfaat olahraga bola basket.
3. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan koordinasi gerakan dengan teman satu tim dan manfaat
olahraga bola basket.
4. Peserta
didik mengamati gambar atau video tentang koordinasi gerakan dengan teman satu
tim dan manfaat olahraga bola basket .
Menanya
1. Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada cek kemampuan
awal.
2. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang koordinasi gerakan dengan teman satu tim dan
manfaat olahraga bola basket.
3. Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya.
4. Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait tentang koordinasi gerakan
dengan teman satu tim dan manfaat olahraga bola basket.
Mengeksplorasi
1. Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pada cek kemampuan awal dengan membaca buku
ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait
koordinasi gerakan dengan teman satu tim dan manfaat olahraga bola basket.
3. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan tentang koordinasi gerakan dengan
teman satu tim dan manfaat olahraga bola basket.
Mengasosiasikan
1. Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang koordinasi gerakan dengan teman satu tim
dan manfaat olahraga bola basket.
2. Peserta
didik merumuskan tentang koordinasi gerakan dengan teman satu tim dan manfaat
olahraga bola basket.
3. Peserta
didik menemukan hubungan tentang koordinasi gerakan dengan teman satu tim dan
manfaat olahraga bola basket dengan pertanyaan konsep 5W + 1H.
Mengomunikasikan
1. Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok.
2. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Kegiatan Penutup (… menit)
Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.
mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2.
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
3.
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya;
4. menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing.
H.
Penilaian
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
KI 1 dan
KI 2
|
Observasi
|
·
Lembar observasi
|
Terlampir
|
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
·
Pilihan ganda
·
Uraian
·
Tugas (mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
3.
|
KI 4
|
Proyek
|
·
Lembar laporan tugas praktik
·
Lembar laporan tugas proyek
|
Terlampir
|
Lampiran
Penilaian
KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar
Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap tiap
peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan
sebagai berikut:
4 = apabilaSELALUmelakukanperilaku yang
diamati
3 = apabilaSERINGmelakukanperilaku yang
diamati
2 =
apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1 = apabilaTIDAKPERNAHmelakukanperilaku
yang diamati
C.
Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
Butir
Nilai : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap :
Indikator Sikap
|
Deskripsi
|
Skor
|
1.
Menjaga tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya yang diberikan
oleh Tuhan.
|
Selalu menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan
|
4
|
Sering menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan
|
3
|
|
Kadang-kadang menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan.
|
2
|
|
Tidak pernah menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan.
|
1
|
|
2.
Mengembangkan sikap syukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan.
|
Selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
4
|
Sering bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
3
|
|
Kadang-kadang bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
2
|
|
Tidak bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
1
|
Lembar
Penilaian :
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Aspek yang Dinilai
(1 – 4)
|
Jumlah
Perolehan
Skor
|
SkorAkhir
|
Tuntas/ Tidak Tuntas
|
|
Indikator
|
||||||
1
|
2
|
|||||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
dst
|
||||||
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian
KI 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar
peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir,
nilailah sikap tiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada
Lembar Observasi dengan ketentuan
sebagai berikut:
4
= apabilaSELALUmelakukanperilaku yang diamati
3
= apabilaSERINGmelakukanperilaku yang diamati
2
= apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1
= apabilaTIDAKPERNAHmelakukanperilaku yang diamati
C.
Lembar Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
Butir Nilai : Menghayati Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
Indikator Sikap :
Indikator Sikap
|
Deskripsi
|
Skor
|
1. Bermain
sportif dalam melakukan permainan sepak bola dan bola voli
|
Selalu berperilaku sportif dalam bermaian.
|
4
|
Sering berperilaku sportif dalam bermaian.
|
3
|
|
Kadang-kadang berperilaku sportif dalam bermaian.
|
2
|
|
Tidak pernah berperilaku sportif dalam bermaian.
|
1
|
|
2. Menumbuhkan
sikap tanggung jawab saat melakukan permainan sepak bola dan bola voli.
|
Selalu bertanggung jawab saat melakukan permainan.
|
4
|
Sering bertanggung jawab saat melakukan permainan.
|
3
|
|
Kadang-kadang bertanggung jawab saat melakukan permainan.
|
2
|
|
Tidak
pernah bertanggung jawab saat melakukan
permainan..
|
1
|
|
3. Menunjukkan sikap saling menghargai.
|
Selalu menghargai pendapat orang lain.
|
4
|
Sering menghargai pendapat orang lain.
|
3
|
|
Kadang-kadang
menghargai pendapat orang lain.
|
2
|
|
Tidak
pernah menghargai pendapat orang lain.
|
1
|
|
4.
Mengembangkan
sikap kerjasama dalam melakukan berbagai permainan olahraga.
|
Selalu
melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
4
|
Sering
melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
3
|
|
Kadang-kadang
melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
2
|
|
Tidak
pernah melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
1
|
|
5.
Menumbuhkan
sikap toleransi dalam menggunakan peralatan olahraga.
|
Selalu
menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
4
|
Sering
menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
3
|
|
Kadang-kadang
menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
2
|
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
1
|
|
6.
Menunjukkan
sikap disiplin dalam aktivitas olahraga.
|
Selalu
menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
4
|
Sering
menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
3
|
|
Kadang-kadang
menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
2
|
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
1
|
|
7.
Memiliki
sikap menerima kekalahan dan kemenangan dalam suatu permainan.
|
Selalu
menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
4
|
Sering
menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
3
|
|
Kadang-kadang
menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
2
|
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
1
|
Lembar Penilaian :
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Aspek yang Dinilai
(1 – 4)
|
Jumlah Perolehan
Skor
|
SkorAkhir
|
Tuntas/ Tidak Tuntas
|
|
Indikator
|
||||||
1
|
2
|
|||||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
dst
|
||||||
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
PETUNJUK
PENENTUAN NILAI SIKAP
1.
Rumus
Penghitungan Skor Akhir
Skor Akhir =
Skor Maksimal =
BanyaknyaIndikator x4
2.
Kategori
nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila
memperoleh Skor
Akhir: 3,33<Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,33<Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: 1,33<Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: Skor Akhir ≤ 1,33
Penilaian KI
3
Uji Kompetensi
·
Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut ini
dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat!
Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1. Federasi bola basket
internasional dibentuk pada tanggal ….
a. 22 Juni 1935 c. 21 Juli 1932
b. 21 Juni 1932 d. 25 Juni 1932
2. Ukuran
lebar lapangan bola basket adalah … meter.
a. 12 c. 14
b. 13 d. 15
3. Operan
yang sering dilakukan dalam pertandingan bola basket adalah ….
a. lemparan bola dari atas kepala dengan dua
tangan
b. lemparan pantulan dengan dua tangan
c. mengoper atau melempar bola dengan dua tangan
dari depan dada
d. lemparan samping dengan satu tangan
4. Posisi permulaan bola yang benar ketika akan
melempar bola dari atas kepala dengan dua tangan adalah ….
a. di samping kepala
b. di belakang kepala
c. tepat di atas kepala
d. di atas kepala sedikit di depan dahi
5. Posisi
badan yang benar ketika mengambil awalan untuk melakukan lemparan samping
dengan satu tangan adalah ….
a. dicondongkan ke depan
b. dicondongkan ke belakang
c. dicondongkan ke samping kanan
d. dicondongkan ke samping kiri
6. Teknik
mengoper atau melempar bola yang digunakan untuk operan jarak sedang adalah ….
a. Lemparan bola dari atas kepala dengan dua
tangan
b. melempar bola dengan dua tangan dari depan
dada
c. Lemparan samping dengan satu tangan
d. Lemparan pantulan dengan dua tangan.
7. Posisi
badan yang benar ketika meng-giring bola (dribbling) adalah ….
a. condong ke belakang
b. agak condong ke depan
c. condong ke samping
d. tegak
8. Berikut
ini yang tidak termasuk kesa-lahan-kesalahan yang sering terjadi dalam
tembakan lay up yaitu ….
a. Langkah pertama terlalu tinggi.
b. Menerima bola tidak dalam sikap melayang.
c. Pada saat melepaskan bola menggu-nakan
kekuatan besar.
d. Tembakan diawali dengan loncatan tegak lurus
ke atas, dan bola dilepaskan pada saat penembakan sampai pada titik
tertingginya.
9. Gerakan
berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki pada saat pemain
tersebut menguasai bola, sedangkan kaki yang lain dipindahkan melewati depan
atau belakang disebut ….
a. pivot c. shooting
b. lay up d. chest pass
10. Pemain
yang mahir menembak jump shoot dan merebut bola dalam pola dasar penyerang
adalah pemain nomor ….
a. 1 c. 2 dan 3
b. 1 dan 2 d. 4 dan 5
Penilaian
KI 4
Job Sheet
Nama : ............................................
Kelas : ............................................
No.
Absen :
............................................
|
A.
Tugas
Membuat klipig tentang
pemain-pemain basket.
B. Alat dan Bahan
1.
Buku Penjasorkes kelas VII
2. Koran
atau majalah
3. Internet
C. Langkah Kegiatan
1.
Peserta didik mencari
profil pemain basket beserta dengan gambarnya.
2.
Peserta didik mencari
di Koran, majalah, internet, atau sumber-sumber lainnya.
3.
Peserta didik menyusunnya
dalam bentuk kliping.
D. Penilaian
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala Nilai
|
|||
1.
|
Hasil Identifikasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Akurasi Analisis
|
||||
3.
|
Materi Presentasi
|
||||
4.
|
Penampilan
|
||||
Nilai Total
|
|||||
Keterangan:
Sempurna : 4
Kurang Sempurna : 2 – 3
Tidak Sempurna : 1
|
|||||
E. Analisis Hasil
Analisis
Hasil (Diisi Guru)
|
............, ....................................
Mengetahui,
Guru
Kelas/Mata Pelajaran Kepala
Sekolah ..........................
_________________________ ________________________
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar