RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
: SMA
|
Mata
Pelajaran
|
: PJOK
|
Kelas/Semester
|
: XI/Ganjil
|
Materi
|
: Budaya Hidup Sehat
|
Sub Materi
|
: Napza
|
Alokasi
Waktu
|
: 3 x 45 menit
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
3.10
Menganalisis berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya
lainnya.
a. Menanalisis peraturan perundangan
NAPZA
b. Menanalisis konsekuensi hukum bagi
para pengguna dan pengedar NAPZA
c. Menanalisis penyebab pengunaan NAPZA
d. Menanalisis gejala/dampak penggunaan
NAPZA
e. Menanalisis pencegahan NAPZA
4.10
Mempresent-asikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi
para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan
obat berbahaya lainnya.
a. Mempresentasikan hasil analisis
peraturan perundangan NAPZA
b. Mempresentasikan hasil analisis
konsekuensi hukum bagi para pengguna dan
pengedar NAPZA
c. Mempresentasikan hasil analisis
penyebab pengunaan NAPZA
d. Mempresentasikan hasil analisis
gejala/dampak penggunaan NAPZA
e. Mempresentasikan hasil analisis
pencegahan NAPZA
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari
infomasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik diharapkan dapat :
1. Menganalisis peraturan perundangan NAPZA
2. Menganalisis konsekuensi hukum bagi para pengguna
dan pengedar NAPZA
3. Menganalisis penyebab pengunaan NAPZA
4. Menganalisis gejala/dampak penggunaan NAPZA
5. Menganalisis pencegahan NAPZA
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan peserta didik diharapkan :
1. Mempresentasikan hasil analisis peraturan
perundangan NAPZA dengan percaya diri, tanggungjawab dan menunjukkan nilai
kerjasama dalam kelompok.
2. Mempresentasikan hasil analisis konsekuensi hukum
bagi para pengguna dan pengedar NAPZA
dengan percaya diri, tanggungjawab dan menunjukkan nilai kerjasama dalam
kelompok.
3. Mempresentasikan hasil analisis penyebab pengunaan
NAPZA dengan percaya diri, tanggungjawab dan menunjukkan nilai kerjasama dalam
kelompok.
4. Mempresentasikan hasil analisis gejala/dampak
penggunaan NAPZA dengan percaya diri, tanggungjawab dan menunjukkan nilai
kerjasama dalam kelompok.
5. Mempresentasikan hasil analisis pencegahan NAPZA
dengan percaya diri, tanggungjawab dan menunjukkan nilai kerjasama dalam
kelompok.
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi :
Narkoba, Psikotropika dan Zat Adaptif Lainya (NAPZA)
2. Sub Materi :
a. Peraturan perundangan NAPZA
b. Konsekuensi hokum bagi pengguna dan pengedar NAPZA
c. Penyebab penggunaan NAPZA
d. Gejala/dampak penggunaan NAPZA
e. Pencegahan NAPZA
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Sientifik
2. Model :
Projec Base Learning
3. Metode :
Diskusi
F.
Media/alat/sumber Pembelajaran
1. Alat/media :
a. Proyektor (LCD)
b. Komputer/laptop
2. Sumber :
a. Buku Siswa PJKO Kelas X
b. Internet dan sumber lainya
G.
Kegiatan Pembelajaran
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Menyampaikan
kompetensi (KD) yang akan diajarkan
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Guru
Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
menyimak video tertakait NAPZA
·
Siswa Mencari berbagai informasi terkait NAPZA
pada buku siswa dan atau melalui media internet
Mencoba
·
Siswa
menjelaskan dan serta mempresentasikan sesuai dengan materi yang ditugaskan
Menanya
·
Siwa
mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.
·
Siwa
mengajukan pertanyaan mengenai NAPZA yang belum dipahami kepada kelompok yang
mempresentasikan.
·
Guru memberi kesempatan bagi peserta
didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mengasosiasi
·
Guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi
dan pertanyaan siswa.
·
Masing-masing kelompok berdiskusi maupun membuat
kesimpulan terkait materi menurut pemahamanya masing-masing.
·
Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah
informasi dalam menyimpulkan materi.
Mengomunikasikan
·
Secara
bergilir setiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan, bertanya dan memberi
tanggapan.
·
Kelompok
lain dapat memberi tanggapan dan
pertanyaan
·
Guru memberi penilaian atas hasil
kerja kelompok dan kemampuan peserta
didik berkomunikasi lisan.
|
105 menit
|
Penutup
·
Meminta
beberapa orang dari peserta didik untuk membacakan keesimpulan yang dianggapnya benar dari diskusi
yang diberikan.
·
Evaluasi
·
Memberikan tugas berupa artikel terkait NAPZA yang terjadi dikalangan
pelajar/remaja.
·
Mengingatkan
materi pertemuan berikutnya tentang latihan
variasi teknik dasar sepak bola dan bermain sepak bola.
|
15
menit
|
H.
Penilaian
1. Mekanisme
dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja
latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan
melalui tes praktik, presentasi dan fortofolio.
2. Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar
pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan
kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio menggunakan lembar makalah dengan fokus utama
pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi
latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktik
dan tes lisan serta tes tertulis
3. Contoh
Instrumen (Terlampir)
Bandung,
Maret 2017
Mengetahui Kepala SMA .... Guru
Mata PJOK
.................................. Saefullah, S.Pd. Gr.
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
FORMAT PENILAIAN
a.
Lembar
Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA FORTOFOLIO
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Program : XI/
Kompetensi : KD 3.10 dan 4.10
No
|
Nama
Siswa
|
Observasi
|
Kinerja
Presentasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
PD
|
Tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
10.
|
|||||||||
11.
|
|||||||||
12.
|
|||||||||
13.
|
|||||||||
14.
|
|||||||||
15.
|
|||||||||
16.
|
|||||||||
17.
|
|||||||||
18.
|
|||||||||
19.
|
|||||||||
20.
|
|||||||||
21.
|
|||||||||
Keterangan pengisian skor :
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
1. Kurang
Keterangan :
PD : Percaya Diri
Tgjwb : Tanggungjawab
Kerjsm : Kerjasama
Prnsrt : Peran serta
a. Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
A.
Berilah
tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Apa itu NAPZA
|
||
2.
|
Sebutkan pasal dan
ayat terkait hokum penyalagunaan NAPZA
|
||
3.
|
Sebutkan 3
Gejala/dampak NAPZA
|
||
4.
|
Bagaimana
cara pecegahan NAPZA bagi diri sendiri
|
||
5.
|
Bagaimana
pencegahan NAPZA bagi orang lain
|
Contoh penugasan fortofolio.
·
Buatlah Fortofolio penyalahgunaan NAPZA dengan struktur seperti berikut.
Gunakan laptop/komputer untuk mendapatkan materi NAPZA. Kirim laporan melalui
email guru (epul.ipul11@gmail.com).
Struktur Fortofolio
adalah sebagai berikut
a.
Judul
b.
Tujuan
c.
Landasan
teori
d.
Teknik
dasar sepakbola (sertakan dengan gambar atau foto)
e.
Kesimpulan
f.
Referensi
FORMAT
PENILAIAN
(PORTOFOLIO)
Mata Pelajaran :
PJOK
Kelas/Peminatan : XI
Materi Pokok : NAPZA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor rata-rata
|
Nilai
|
|||||
Visual
|
Kelengkapan
|
Kerapihan
|
Penyajian Materi
|
Bahasa
|
Ketepatan waktu
|
||||
1.
|
Akhyar Mustaqim
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3,33
|
83
|
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
10.
|
|||||||||
Dst
|
|||||||||
Keterangan :
Sangat baik : 4
Baik : 3
Cukup : 2
Kurang : 1
|
|
Ketuntasan minimal yang diperoleh
skor 18 atau nilai 75
Rekomendasi :
Download RPP BOla Besar https://p3njas.blogspot.co.id/2017/10/rpp-kurikulum-2013-revisi-2016-bola.html
P3k
https://p3njas.blogspot.co.id/2017/06/download-kumpulan-tugas-akhir-ppg-p3k.html
Beladiri
https://p3njas.blogspot.co.id/2017/04/rpp-aktivitas-beladiri-kurikulum-2013.html
Kebugaran Jasmani
https://p3njas.blogspot.co.id/2017/03/rpp-kebugaran-jasmani-ix.html
Download RPP BOla Besar https://p3njas.blogspot.co.id/2017/10/rpp-kurikulum-2013-revisi-2016-bola.html
P3k
https://p3njas.blogspot.co.id/2017/06/download-kumpulan-tugas-akhir-ppg-p3k.html
Beladiri
https://p3njas.blogspot.co.id/2017/04/rpp-aktivitas-beladiri-kurikulum-2013.html
Kebugaran Jasmani
https://p3njas.blogspot.co.id/2017/03/rpp-kebugaran-jasmani-ix.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar