|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
(RPP) Berkarakter
|
|
Satuan Pendidikan : SMP/MTs ………………………………….
Mata Pelajaran : Penjasorkes (Wajib)
Kelas / Semester : VII/2
Materi Pokok : Permainan Bola Kecil
Sub Materi Pokok : - Permainan
Tenis Meja
- Permainan Rounders
Alokasi Waktu : …………………………………..
x Menit
|
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas
jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu
berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c.
Membiasakan
berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1. menjaga tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya yang diberikan oleh Tuhan,
2. mengembangkan
sikap syukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan.
Kompetensi Dasar
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki
perilaku hidup sehat.
Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
bermain sportif dalam melakukan permainan olah raga,
2.
menumbuhkan sikap tanggung jawab saat melakukan
permainan olah raga,
3.
menunjukkan sikap saling menghargai,
4.
mengembangkan sikap kerjasama dalam melakukan
berbagai permainan olahraga,
5.
menumbuhkan sikap toleransi dalam mennggunakan
peralatan olahraga,
6.
menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas
olahraga,
7.
memiliki sikap menerima kekalahan dan kemenangan
dalam suatu permainan.
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental permainan bola kecil.
Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
memahami teknik dasar permainan tenis meja,
2.
menjelaskan teknik dasar permainan rounders.
Kompetensi Dasar
4.2 Mempraktikkan teknik dasar permainan bola
kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental.
.Indikator
Peserta didik diharapkan dapat:
1.
mempraktikkan
teknik dasar permainan tenis meja,
2.
mempraktikkan permaian
bola kecil rounders.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
mensyukuri atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan,
2.
mengembangkan perilaku sportif,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, kerja sama, toleransi, disiplin, serta
sikap menerima kekalahan dalam pelaksanaan
pembelajaran penjasorkes,
3.
memahami dan mempraktikkan teknik dasar
permainan tenis meja,
4.
memahami dan mempraktikkan permainan
bole kecil rounders.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Permainan
Tenis Meja
2.
Permainan Rounders
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
ilmiah (scientifict approach)
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : 1. Ceramah
Plus
2. Curah Pendapat
3. Inquiri
4. Praktik
5. Diskusi
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. Laptop,
CPU
b. LCD
Projector
c.
Film/Video
d. Gambar/Foto
e.
Peralatan olahraga
2.
Sumber Belajar
a. Buku
Ajar Penjasorkes
VII Fokus
b.
Mashar
M. A. dan Dwinarhayu. 2009. Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Referensi lain yang relevan.
d. Internet
(jika tersedia).
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (… menit)
1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku
referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4. Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam
pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru membuat
kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk
di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.
Guru menampilkan
beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar atau video.
Kegiatan
Inti (… menit)
Mengamati
1. Membaca
buku teks tentang konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam penjasorkes.
2. Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang mengenal permainan tenis
meja dan teknik dasar permainan tenis meja.
3. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan mengenal permainan tenis meja dan teknik dasar permainan tenis
meja.
4. Peserta
didik mengamati gambar atau video tentang mengenal permainan tenis meja dan
teknik dasar permainan tenis meja.
Menanya
1. Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada cek kemampuan
awal.
2. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang mengenal permainan tenis meja dan teknik dasar
permainan tenis meja.
3. Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya.
4. Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait tentang mengenal permainan
tenis meja dan teknik dasar permainan tenis meja.
Mengeksplorasi
1. Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pada cek kemampuan awal dengan membaca buku
ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait mengenal
permainan tenis meja dan teknik dasar permainan tenis meja.
3. Peserta
didik berdiskusi secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis
ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan
tentang mengenal permainan tenis meja dan teknik dasar permainan tenis meja.
Mengasosiasikan
1. Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang mengenal permainan tenis meja dan teknik
dasar permainan tenis meja.
2. Peserta
didik merumuskan tentang mengenal permainan tenis meja dan teknik dasar
permainan tenis meja.
3. Peserta
didik menemukan hubungan tentang mengenal permainan tenis meja dan teknik dasar
permainan tenis meja dengan pertanyaan konsep 5W + 1H.
Mengomunikasikan
1. Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok.
2. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Kegiatan
Penutup (… menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok
melakukan refleksi untuk:
1.
mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2.
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
3.
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya;
4. menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing.
Pertemuan ke-2
Pendahuluan (… menit)
1. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku
referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3. Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4. Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam
pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru membuat
kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk
di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.
Guru menampilkan
beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar atau video.
Kegiatan
Inti (… menit)
Mengamati
1. Membaca
buku teks tentang konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam penjasorkes.
2. Guru
meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang mengenal rounders, teknik
dasar permainan rounders, dan peraturan permainan rounders.
3. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan
yang terkait dengan mengenal rounders, teknik dasar permainan rounders, dan
peraturan permainan rounders.
4. Peserta
didik mengamati gambar atau video tentang mengenal rounders, teknik dasar
permainan rounders, dan peraturan permainan
rounders.
Menanya
1. Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada cek kemampuan
awal.
2. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait
hasil pengamatan mereka tentang mengenal rounders, teknik dasar permainan
rounders, dan peraturan permainan
rounders.
3. Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta
didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan
temannya.
4. Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait tentang mengenal rounders,
teknik dasar permainan rounders, dan peraturan permainan rounders.
Mengeksplorasi
1. Peserta
didik mencari jawaban pertanyaan pada cek kemampuan awal dengan membaca buku
ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait mengenal rounders, teknik
dasar permainan rounders, dan peraturan permainan rounders.
3. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan tentang mengenal rounders, teknik
dasar permainan rounders, dan peraturan permainan rounders.
Mengasosiasikan
1. Peserta
didik menyusun hasil diskusi tentang mengenal rounders, teknik dasar permainan
rounders, dan peraturan permainan
rounders.
2. Peserta
didik merumuskan tentang k mengenal rounders, teknik dasar permainan rounders,
dan peraturan permainan rounders.
3. Peserta
didik menemukan hubungan tentang mengenal rounders, teknik dasar permainan
rounders, dan peraturan permainan
rounders dengan pertanyaan konsep 5W + 1H.
Mengomunikasikan
1. Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok.
2. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Kegiatan Penutup (… menit)
Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.
mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2.
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
3.
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya;
4. menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaannya masing-masing.
H.
Penilaian
|
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
|
1.
|
KI 1 dan
KI 2
|
Observasi
|
·
Lembar observasi
|
Terlampir
|
|
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
·
Pilihan ganda
·
Uraian
·
Tugas (mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
|
3.
|
KI 4
|
Proyek
|
·
Lembar laporan tugas praktik
·
Lembar laporan tugas proyek
|
Terlampir
|
Lampiran
Penilaian
KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar
Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap tiap
peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan
sebagai berikut:
4 = apabilaSELALUmelakukanperilaku yang
diamati
3 = apabilaSERINGmelakukanperilaku yang
diamati
2 =
apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1 = apabilaTIDAKPERNAHmelakukanperilaku
yang diamati
C.
Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode
Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
Butir
Nilai : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap :
|
Indikator Sikap
|
Deskripsi
|
Skor
|
|
1.
Menjaga tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya yang
diberikan oleh Tuhan.
|
Selalu menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan
|
4
|
|
Sering menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan
|
3
|
|
|
Kadang-kadang menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan.
|
2
|
|
|
Tidak pernah menjaga
kesehatan tubuh yang diberikan Tuhan.
|
1
|
|
|
2.
Mengembangkan sikap syukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan.
|
Selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
4
|
|
Sering bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
2
|
|
|
Tidak bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.
|
1
|
Lembar
Penilaian :
|
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Aspek yang Dinilai
(1 – 4)
|
Jumlah
Perolehan
Skor
|
SkorAkhir
|
Tuntas/ Tidak Tuntas
|
|
|
Indikator
|
||||||
|
1
|
2
|
|||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian
KI 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar
peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir,
nilailah sikap tiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada
Lembar Observasi dengan ketentuan
sebagai berikut:
4
= apabilaSELALUmelakukanperilaku yang diamati
3
= apabilaSERINGmelakukanperilaku yang diamati
2
= apabilaKADANG-KADANGmelakukanperilaku yang diamati
1
= apabilaTIDAKPERNAHmelakukanperilaku yang diamati
C.
Lembar Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
Butir Nilai : Menghayati Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
Indikator Sikap :
|
Indikator Sikap
|
Deskripsi
|
Skor
|
|
1. Bermain
sportif dalam melakukan permainan sepak bola dan bola voli
|
Selalu berperilaku sportif dalam bermaian.
|
4
|
|
Sering berperilaku sportif dalam bermaian.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang berperilaku sportif dalam bermaian.
|
2
|
|
|
Tidak pernah berperilaku sportif dalam bermaian.
|
1
|
|
|
2. Menumbuhkan
sikap tanggung jawab saat melakukan permainan sepak bola dan bola voli.
|
Selalu bertanggung jawab saat melakukan permainan.
|
4
|
|
Sering bertanggung jawab saat melakukan permainan.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang bertanggung jawab saat melakukan permainan.
|
2
|
|
|
Tidak
pernah bertanggung jawab saat melakukan
permainan..
|
1
|
|
|
3. Menunjukkan sikap saling menghargai.
|
Selalu menghargai pendapat orang lain.
|
4
|
|
Sering menghargai pendapat orang lain.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang
menghargai pendapat orang lain.
|
2
|
|
|
Tidak
pernah menghargai pendapat orang lain.
|
1
|
|
|
4.
Mengembangkan
sikap kerjasama dalam melakukan berbagai permainan olahraga.
|
Selalu
melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
4
|
|
Sering
melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang
melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
2
|
|
|
Tidak
pernah melakukan kerjasama yang baik dengan teman dalam aktivitas olahraga.
|
1
|
|
|
5.
Menumbuhkan
sikap toleransi dalam menggunakan peralatan olahraga.
|
Selalu
menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
4
|
|
Sering
menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang
menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
2
|
|
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap toleransi antarteman.
|
1
|
|
|
6.
Menunjukkan
sikap disiplin dalam aktivitas olahraga.
|
Selalu
menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
4
|
|
Sering
menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang
menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
2
|
|
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas.
|
1
|
|
|
7.
Memiliki
sikap menerima kekalahan dan kemenangan dalam suatu permainan.
|
Selalu
menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
4
|
|
Sering
menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
3
|
|
|
Kadang-kadang
menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
2
|
|
|
Tidak
pernah menunjukkan sikap menerima kekalahan dan kemenangan.
|
1
|
Lembar Penilaian :
|
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Aspek yang Dinilai
(1 – 4)
|
Jumlah Perolehan
Skor
|
SkorAkhir
|
Tuntas/ Tidak Tuntas
|
|
|
Indikator
|
||||||
|
1
|
2
|
|||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
PETUNJUK
PENENTUAN NILAI SIKAP
1.
Rumus
Penghitungan Skor Akhir
Skor Akhir =
Skor Maksimal =
BanyaknyaIndikator x4
2.
Kategori
nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila
memperoleh Skor
Akhir: 3,33<Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,33<Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: 1,33<Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K) :
apabila memperoleh Skor
Akhir: Skor Akhir ≤ 1,33
Penilaian KI
3
Uji Kompetensi
·
Kerjakan soal-soal pilihan ganda berikut ini
dengan membubuhkan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang tepat! Kerjakanlah
dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1. Pengubahan nama Persatuan Ping-pong Seluruh
Indonesia menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia dilaksanakan pada
tahun ….
a. 1851 c. 1955
b. 1951 d. 1952
2. Tinggi
meja dalam permainan tenis meja yaitu … cm.
a. 75 c. 77
b. 76 d. 78
3. Jarak
tiang dari net meja adalah … cm.
a. 15,15 c. 15,25
b. 15,25 d. 15,19
4. Teknik
menerima bola dengan posisi badan menyamping, salah satu kaki ditempatkan di
depan dan di belakang (zig-zag) disebut ….
a. square
stance c. shakehand
b. penholder d. side
stance
5. Jenis pukulan dengan menggunakan tangan
bagian dalam disebut ….
a. forehand
b. backhand
c. penholder
d. footwork
6. Pukulan pertama dan sekaligus sebagai per--mulaan penyerangan
dinamakan ….
a. stance c. footwork
b. stroke d. servis
7. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Gambar di atas merupakan teknik memegang bet yang disebut ….
a. penholder c. side
stance
b. shakeholder d. square
stance
8. Posisi
badan yang benar ketika mela-kukan pukulan backhand adalah ….
a. badan
tegak, menghadap datanganya arah bola
b. badan
menyamping, lutut dilu-ruskan
c. badan
condong ke belakang, lutut agak ditekuk
d. badan
menyamping, condong ke depan, lutut agak ditekuk
9. Permainan
rounders pertama kali diciptakan pada tahun ….
a. 1887 c. 1897
b. 1888 d. 1889
10. Berat bola pada permainan rounders adalah …
gram.
a. 70-80
b. 80-90
c. 90-100
d. 80-100
Penilaian
KI 4
Job Sheet
|
Nama : ............................................
Kelas : ............................................
No.
Absen :
............................................
|
A.
Tugas
Membuat klipig tentang prestasi
atlet tenis meja di Indonesia..
B. Alat dan Bahan
1.
Buku Penjasorkes kelas VII
2. Koran
atau majalah
3. Internet
C. Langkah Kegiatan
1.
Peserta didik mencari artikel
tentang prestasi atlet tenis meja Indonesia dari berbagai sumber.
2.
Peserta didik menyusun
kliping dari artikel-artikel yang telah diperoleh.
D. Penilaian
|
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala Nilai
|
|||
|
1.
|
Hasil Identifikasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2.
|
Akurasi Analisis
|
|
|
|
|
|
3.
|
Materi Presentasi
|
|
|
|
|
|
4.
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Total
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sempurna : 4
Kurang Sempurna : 2 – 3
Tidak Sempurna : 1
|
|
|
|
|
E. Analisis Hasil
|
Analisis
Hasil (Diisi Guru)
|
|
|
............, ....................................
Mengetahui,
Guru
Kelas/Mata Pelajaran Kepala
Sekolah ..........................
_________________________ ________________________
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar