RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
|
Satuan
Pendidikan
|
: SMA
|
|
Mata
Pelajaran
|
: PJOK
|
|
Kelas/Semester
|
: XI/Ganjil
|
|
Materi
|
: Aktivitas Permainan Bola
Besar
|
|
Sub Materi
|
: Permainan Bola Basket
|
|
Alokasi
Waktu
|
: 3 x 45 menit
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
3.1 Menganalisis
keterampilan gerak salah satu permai-nan
bola besar serta menyu-sun
rencana perbaikan *)
a. Menjelaskan bentuk gerak melempar bola
b. Menjelaskan bentuk geak menangkap bola
c. Menjelaskan bentuk gerak menggiring bola
d. Menjelaskan bentuk gerak menembak bola
e. Menjelaskan bentuk gerak lay up shoot
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permain-an bola besar serta
menyusun rencana perbaikan *)
a.
Mempraktikkan
bentuk gerak melempar
b.
Mempraktikkan
bentuk gerak menangkap bola
c.
Mempraktikkan
bentuk gerak menggiring bola
d.
Mempraktikkan
bentuk gerak menembak bola
e.
Mempraktikkan
bentuk gerak lay up shoot
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari
infomasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan bentuk gerak melempar bola
2. Menjelaskan bentuk geak menangkap bola
3. Menjelaskan bentuk gerak menggiring bola
4. Menjelaskan bentuk gerak menembak bola
5. Menjelaskan bentuk gerak lay up shoot
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan peserta didik diharapkan :
1. Mempraktikkan bentuk gerak melempar bola dengan
menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
2. Mempraktikkan bentuk gerak menangkap bola dengan
menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
3. Mempraktikkan bentuk gerak menggiring bola dengan
menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
4. Mempraktikkan bentuk gerak menembak bola dengan
menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
5. Mempraktikkan bentuk gerak lay up shoot dengan menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri,
tanggungjawab dan sportif.
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi :
Aktivitas Permainan Bola Basket
2. Sub Materi :
a. Melempar bola
b. Menangkap bola
c. Menggiring bola
d. Menenmbak bola
e. Lay
up shoot
E.
Metode Pembelajaran
1. Model : Discovery Base Learning
2. Metode :
Campuran (Whole Parth Methode)
3. Pendekatan : Sientifik
4. Strategi/Gaya mengajar : Taktis (Game Drill
Game)
F.
Media/alat/sumber Pembelajaran
1. Alat/media :
a. Bola basket
b. Pluit
c. Stop wacth
d. Lapang
2. Sumber :
Buku Siswa PJOK Kelas XI
G.
Kegiatan Pembelajaran
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pendahuluan
·
Berdoa
·
Menyampaikan
kompetensi (KD) yang akan diajarkan
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Guru Membagi peserta didik dalam beberapa
kelompok
|
15 menit
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
menyimak, melihat video / demonstrasi tertakait keterampilan gerak
aktivitas permainan bola basket.
·
Siswa Mencari berbagai informasi terkait keterampilan
gerak aktivitas permainan bola basket
Mencoba
·
Siswa melakukan keterampilan gerak melempar dalam
aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri,
rasa tanggungjawab serta sportif dalam permainan lempar tangkap bola.
·
Siswa melakukan latihan lempar tangkap
berpasangan selama 20 kali.
·
Siswa melakukan keterampilan gerak menangkap dalam
aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri,
rasa tanggungjawab serta sportif dalam permainan lempar tangkap bola dengan aturan yang dimodifikasi.
·
Siswa melakukan latihan lempar tangkap
berpasangan dengan adanya seorang yang menghalangi.
·
Siswa melakukan keterampilan gerak menggiring bola
dalam aktivitas permainan bola basket
dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif
dalam melakukan permainan ekor
kambing.
·
Siswa melakukan latihan menggiring bola
dalam lintasan yang ditentukan dalam beberapa waktu. (no 8 atau degi empat)
·
Siswa melakukan keterampilan gerak
menembak bola dalam aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan
kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif dalam permainan
yang dimodofikasi (lempar tangkap diganti dg gerakan menembak).
·
Siswa melakukan latihan menembak dengan
target teman sendiri.
·
Siswa melakukan keterampilan gerak lay up dalam aktivitas permainan bola
basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta
sportif dengan permainan yang mendekati sebenarnya.
·
Siswa melakukan latihan lay up dalam
kelompok kedalam ring.
·
Siswa
melakukan permainan bola basket dengan aturan yang sebenarnya.
Menanya
·
Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan
pengamatan mereka terkait keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring,
menembak dan lay up dalam aktivitas permainan bola basket.
·
Guru memberi kesempatan bagi peserta
didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.
Mengasosiasi
·
Guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi
dan pertanyaan siswa.
·
Masing-masing kelompok melakukan apa yang
ditugaskan oleh guru.
·
Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah
informasi dalam menyimpulkan materi.
Mengomunikasikan
·
Secara
bergilir setiap kelompok diberi kesempatan mempratikkan keterampilan gerak
aktivitas permainan bola basket.
·
Kelompok/individu
siswa lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·
Guru memberi penilaian atas hasil
kerja kelompok dan kemampuan peserta
didik berkomunikasi lisan.
|
105 menit
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
·
Meminta
beberapa orang dari peserta didik untuk mendemonstrasikan/mempraktikkan
beberapa keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket.
·
Guru
meng-evaluasi kegiatan yang telah dilakukan
·
Memberikan tugas berupa “kesimpulan secara tertulis dalam buku tugas tentang
pembelajaran yang telah dilakukan”.
·
Mengingatkan
materi pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H.
K Penilaian
1. Mekanisme
dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan
hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja
latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan
melalui tes praktik dan fortofolio (buku tugas).
2. Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar
pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok kerjasama, percaya
diri, tanggungjawab dan sportif.
Instrumen kinerja fortofolio menggunakan buku tugas dengan fokus utama
pada kedalaman materi dan kelengkapan keterampilan gerak aktivitas permainan
bola basket dan variasi latihan lainnya.
Instrumen tes menggunakan tes praktik
dan tes tertulis
3. Contoh
Instrumen (Terlampir)
Bandung,
Maret 2017
Mengetahui Kepala SMA .... Guru Mata PJOK
.................................. Saefullah, S.Pd. Gr.
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
FORMAT PENILAIAN
a.
Lembar
Observasi dan kinerja praktik
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA FORTOFOLIO
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Program : XI/
Kompetensi : KD 3.1 dan 4.1
|
No
|
Nama
Siswa
|
Observasi
|
Kinerja
Prakik
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
|||||||
|
PD
|
Tgj
|
Kerj
|
Spf
|
L
|
T
|
G
|
Tm
|
Lu
|
||||
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
||||
|
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
3
|
|
4
|
3
|
3
|
|
|
21
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor :
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
1. Kurang
Keterangan :
PD : Percaya Diri
Tgj : Tanggungjawab
Kerj : Kerjasama
Sptf : Peran serta
M :
Melempar
T :
Tangkap
G :
Giring
Tb : Menembak /tembak
Lu : Lay Up
a. Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
A.
Berilah
tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
|
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
|
1.
|
Apa itu aktivitas
permainan bola basket ?
|
|
|
|
2.
|
Sebutkan 3
keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket !
|
|
|
|
3.
|
Bagaimana cara melakukan
keterampilan gerak lay up !
|
|
|
|
4.
|
Bagaimana
cara bermain aktivitas permainan bola basket !
|
|
|
|
5.
|
Mengapa
menembakkan bola dilakukan dengan satu tangan yang kuat dengan diimbangi
dengan satu tangan lainya ?
|
|
|
Contoh penugasan fortofolio.
· Buatlah Fortofolio/rangkuman/kesimpulan
dari pembelajaran yang telah dilakukan ? Isikan poin-poin inti pembalajan serta
aktivitas yang telah dilakukan dengan tulis tangan dalam buku tugas.
Struktur Fortofolio
adalah sebagai berikut
a.
Identitas
siswa
b.
Aktivitas
pembelajaran yang dilakukan
c.
Deskripsi
fortopolio/rangkuman/kesimpulan pembelajaran
FORMAT
PENILAIAN
(PORTOFOLIO)
Mata Pelajaran :
PJOK
Kelas/Peminatan : XI
Materi Pokok : NAPZA
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor rata-rata
|
Nilai
|
|||
|
Deskripsi
|
Kelengkapan materi
|
Kerapihan
|
Bahasa
|
||||
|
1.
|
Akhyar Mustaqim
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3,33
|
83
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sangat baik : 4
Baik : 3
Cukup : 2
Kurang : 1
|
|
Ketuntasan minimal yang diperoleh
skor 18 atau nilai 75
Slots Casino - Play the Best Free Casino Games in Online
BalasHapusFind the Best Online Slots Casino Games in Vegas, 메리트 카지노 조작 Nevada. Our slots 더킹카지노 조작 tables are updated regularly, giving 더킹카지노 you 카지노 an exciting choice of slots for your enjoyment. 메리트카지노