Satuan Pendidikan :
SMP YPPGI AGATS
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/semester :
VII/1
Materi :
Aktivitas Beladiri
Sub Materi :
Pembelajaran Silat
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.4 Mengetahui konsep gerak spesifik seni beladiri.
4.4 Mempraktikkan gerak spesifik seni beladiri.
Indikator
3.4 Mengetahui konsep gerak spesifik seni beladiri.
a. Mengetahui gerak
spesifik tendangan
b. Mengetahui gerak spesifik
tangkisan
c. Mengetahui gerak spesifik
elakan
4.4 Mempraktikkan gerak spesifik seni beladiri.
a.
Mempraktikkan
gerak spesifik tendangan
b.
Mempraktikkan
gerak spesifik tangkisan
c.
Mempraktikkan
gerak spesifik elakan
Tujuan
Melalui aktivitas pembelajaran silat, semoga siswa
dapat menerapkan nilai-nilai disiplin, percaya diri, dan keberanian serta
tanggungjawab.
Materi
Pembelajaran
Fakta
Mengetahui beberapa keterampilan gerak dalam beladiri silat khususnya tendangan,
tangkisan dan elakan.
Konsep
1.
Tendangan
a.
Ujung kaki
b.
Punggung Kaki
2.
Tangkisan
a.
Satu tangan
b.
Dua tangan
3.
Elakan/hindaran
a.
Elakan samping
b.
Elakan bawah
Prinsip
1.
Lakukan gerak
tendangan dengan menggunakan ujung kaki dan punggung kaki dengan kaki lurus.
2.
Menangkis dengan
satu tangan ke arah dalam maupun luar, serta dengan menggunakan dua tangan.
3.
Melakukan elakan
samping kakan dan kiri, bawah maupun mundur.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Sientifik
2.
Model : Discovery Learning
3.
Metode : Bagian
4.
Strategi : Komando
Media/alat
Pembelajaran
1.
Media dan alat :
a. Peluit
b. Bendera
Kecil
c. Lapang
d. Seragam
silat
2.
Sumber/bahan
ajar:
a.
Buku Guru : Muhadjir dan Budi. Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga
dan Kesehatan,
Kelas VII SMP. Jakarta :
Kemendikbud. 2013
b.
Siswa K-13 : Roji dan Eva. Buku Siswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi,
Kelas VII SMP. Jakarta :
Kemendikbud. 2013
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Komponen
|
Waktu
|
Desain
|
|
Pendahuluan
-
Guru memberikan arahan
-
Berdoa
-
Menyampaikan kompetensi (KD) yang
akan diajarkan
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru
Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
|
|
|
|
Kegiatan Inti
Mengamati
-
Siswa mengamati video /
demonstrasi /gambar terkait keterampilan gerak beladiri pencak silat.
-
Guru mengamati kerja tugas
siswa dalam berbagai hal, baik ketika siswa dalam proses mengamati, mencoba menanya
serta menyajikan.
|
|
|
|
Menanya
-
Siswa menanyakan
keterampilan gerak beladiri silat yang dirasa kurang jelas.
-
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang dirasa kurang dipahami oleh siswa.
Ataupun guru memberi umpan balik dari kegiatan yang dilakukan.
|
|
|
|
Menalar
-
Siswa menalarkan hasil
pengamatanya serta memvisualisasikan dalam pikiranya terkait keterampilan
gerak pencak silat.
-
Siswa menalarkan tahapan-tahapan terkait
keterampilan gerak pencak silat
-
|
|
|
|
Mencoba
-
Siswa berani mencoba
mempraktikkan keterampilan gerak beladiri silat dengan penuh disiplin,
percaya diri dan tanggungjawab dalam permainan angka.
-
Siswa berani melakukan
keterampilan gerak tendangan dengan salah satu kaki, sendiri ataupun
berpasangan dengan penuh disiplin, percaya diri dan tanggungjawab dengan target berupa tangan
dipasanganya.
-
Siswa berlatih
keterampilan gerak tendangan 10 kali dengan beberapa arah.
-
Siswa berani melakukan
keterampilan gerak tangkisan baik satu
maupun dua tangan sendiri ataupun dengan pasangan dengan penuh disiplin, percaya
diri dan tanggungjawab berpasangan (menendang dan menangkis) secara bergantian dalam beberapa
kali pengulangan.
-
Siswa berani melakukan
keterampilan gerak elakan, sendiri dan maupun berpasangan dengan penuh
disiplin, percaya diri dan tanggungjawab.
-
Siswa berani melakukan
keterampilan gerak pencak silat secara berurutan dari tendangan, tangkisan
dan elakan, baik sendiri (visualisasi) maupun berpasangan dengan penuh
disiplin, percaya diri, dan tanggungjawab.
|
|
|
|
Menyaji
-
Siswa berani meyajikan
hasil pengalaman yang diperolehnya di depan guru dan teman-temannya dengan
penuh percayadiri, disiplin dan tanggungjawab.
-
Guru mempersilahkan siswa
untuk menyajikan pembelajran yang ia pahami.
|
|
|
|
Penutup
-
Guru memberikan peluang
kepada siswa untuk menjelaskan terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
-
Guru memberikan
mengevaluasi pembelajaran terkait keterampila gerak pencak silat.
-
Guru menugaskan siswa
untuk memberikan rangkuman dalam buku tugas.
-
Guru mengingatkan materi
yang akan diberikan pertemuan yang akan dating.
-
Berdoa dengan dipimpin
oleh salah seorang siswa dan pembelajaran selesai.
|
|
|
Penilaian
1. Mekanisme
dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok/individu, kinerja latihan, dan laporan tertulis dalam bertuk buku tugas. Sedangkan penilaian hasil dilakukan
melalui tes praktik, tertulis dan tugas pribadi.
2. Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas performa berupa penampilan
rasa percaya diri, berani,
tanggungjawab
dan disiplin.
Instrumen kinerja tugas pribadiberupa kerja
buku tugas dengan fokus
utama pada kedalaman materi dan kelengkapan variasi gerak keterampilan silat
dan cara latihannya.
Instrumen tes menggunakan
tes praktik dan tes lisan serta tes tertulis
3. Contoh
Instrumen (Terlampir)
Bandung, Maret 2017
Mengetahui Kepala SMA
.... Guru Mata PJOK
.................................. Saefullah, S.Pd. Gr.
NIP.
NIP.
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
FORMAT PENILAIAN
a. Lembar
Observasi Sikap dan
Keterampilan Siswa
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA TUGAS
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Program : VII/
Kompetensi : KD 3.4 dan 4.4
|
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Keterampilan
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
|||||
|
PD
|
Tgjwb
|
berani
|
Disipli
|
Tn
|
Tg
|
El
|
||||
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
||||
|
1.
|
Abdus
Shamad
|
4
|
4
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
PD : Percaya Diri
Tgjwb : Tanggungjawab
Disiplin : Disiplin
Berani : Berani
Tn : Tendangan
Tg : Tangkisan
El : Elakan
Keterangan pengisian skor
:
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
1. Kurang
|
|
b.
Tes
Tertulis
Isilah pertanyaan berikut dengan seksama dan yang
terbaik menurut kamu!
|
No
|
Pernyataan
|
|
1.
|
Apa
yang dimaksd dengan aktivitas pembelajaran silat?
|
|
2.
|
Sebutkan
ciri-ciri gerakan aktivitas silat yang berguna untuk menyerang dan bertahan ?
|
|
3.
|
Jelaskan
menurut pendapat anda, mengapa kita melakukan elakan?
|
|
4.
|
Seumpama,
anda sudah terampil dalam aktivitas gerak silat, apa yang anda lakukan ?
|
|
5.
|
Mengapa anda mempelajari aktivitas
beladiri silat ?
|
Keterangan
:
Nilai
maksimal dalam tes ini ialah 100. Nilai masing-masing nomor pertanyaan jika
jawaban siswa benar ialah 20. Jika menurut guru jawaban siswa mendekati benar
maka 15 dan jika jawaban siswa salah maka diberikan nilain 5. Jadi sekor
minimal yang diperoleh siswa ialah 25 dan skor tertinggi ialah 100.
Contoh
penugasan tugas
pribadi.
· Buatlah pada buku tugas dengan
struktur seperti berikut :
Struktur dalam
buku tugas
adalah sebagai berikut
a.
Identitas pemilik buku
b.
Judul
c.
Tujuan
d.
Kesimpulan
pembelajaran yang siswa dapatkan di pembelajaran, berupa (materi ajar, variasi
keterampilan gerak dan variasi latihan keterampilan gerak, bahasa penulisan dan
kerapihan.
e.
Referensi
FORMAT
PENILAIAN
(Buku
Tugas Siswa)
Mata Pelajaran :
PJOK
Kelas/Peminatan : VII
Materi Pokok : Aktivitas Beladiri Silat
|
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jum Skor
|
Nilai
|
||||
|
Materi Ajar
|
Variasi Ket. Gerak
|
Variasi Latihan Ket. Gerak
|
Kerapihan
|
Bahasa Penulisan
|
||||
|
1.
|
Nama siswa
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
|
75
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
||||||||
|
Nilai rata-rata kelas
|
|
|
||||||
Keterangan :
Sangat baik : 4
Baik : 3
Cukup : 2
Kurang :
1
|
|
Ketuntasan minimal yang diperoleh
skor 15
atau nilai 75
Tidak ada komentar:
Posting Komentar