LAZADA

Kamis, 30 Maret 2017

Kurikulum 2013 XI Bola Basket



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMA
Mata Pelajaran
: PJOK
Kelas/Semester
: XI/Ganjil
Materi
: Aktivitas Permainan Bola Besar
Sub Materi
: Permainan Bola Basket
Alokasi Waktu
: 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu  permai-nan bola besar serta menyu-sun
      rencana perbaikan *)
a. Menjelaskan bentuk gerak melempar bola
b. Menjelaskan bentuk geak menangkap bola
c. Menjelaskan bentuk gerak menggiring bola
d. Menjelaskan bentuk gerak menembak bola
e. Menjelaskan bentuk gerak lay up shoot
4.1  Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu  permain-an bola besar serta
menyusun rencana perbaikan *)
a.       Mempraktikkan bentuk gerak melempar
b.      Mempraktikkan bentuk gerak menangkap bola
c.       Mempraktikkan bentuk gerak menggiring bola
d.      Mempraktikkan bentuk gerak menembak bola
e.       Mempraktikkan bentuk gerak lay up shoot
C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari infomasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan bentuk gerak melempar bola
2.      Menjelaskan bentuk geak menangkap bola
3.      Menjelaskan bentuk gerak menggiring bola
4.      Menjelaskan bentuk gerak menembak bola
5.      Menjelaskan bentuk gerak lay up shoot
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan :
1.      Mempraktikkan bentuk gerak melempar bola dengan menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
2.      Mempraktikkan bentuk gerak menangkap bola dengan menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
3.      Mempraktikkan bentuk gerak menggiring bola dengan menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
4.      Mempraktikkan bentuk gerak menembak bola dengan menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
5.      Mempraktikkan bentuk gerak lay up shoot dengan menunjukkan nilai kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi              : Aktivitas Permainan Bola Basket
2.      Sub Materi      : a. Melempar bola
  b. Menangkap bola
  c. Menggiring bola
  d. Menenmbak bola
  e. Lay up shoot


E.     Metode Pembelajaran
1.      Model                                      : Discovery Base Learning
2.      Metode                                    : Campuran (Whole Parth Methode)
3.      Pendekatan                             : Sientifik
4.      Strategi/Gaya mengajar           : Taktis (Game Drill Game)

F.     Media/alat/sumber Pembelajaran
1.      Alat/media      : a. Bola basket
  b. Pluit
  c. Stop wacth
  d. Lapang
2.      Sumber            : Buku Siswa PJOK Kelas XI 
G.    Kegiatan Pembelajaran
Rincian Kegiatan
Waktu

Pendahuluan
·      Berdoa
·      Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Siswa menyimak, melihat video / demonstrasi tertakait  keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket.
·         Siswa Mencari berbagai informasi terkait keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket

Mencoba
·         Siswa melakukan keterampilan gerak melempar dalam aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif dalam permainan lempar tangkap bola.
·         Siswa melakukan latihan lempar tangkap berpasangan selama 20 kali.
·         Siswa melakukan keterampilan gerak menangkap dalam aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif dalam permainan lempar tangkap bola dengan aturan yang dimodifikasi.
·         Siswa melakukan latihan lempar tangkap berpasangan dengan adanya seorang yang menghalangi.
·         Siswa melakukan keterampilan gerak menggiring bola dalam  aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif dalam melakukan permainan ekor kambing.
·         Siswa melakukan latihan menggiring bola dalam lintasan yang ditentukan dalam beberapa waktu. (no 8 atau degi empat)
·         Siswa melakukan keterampilan gerak menembak bola dalam aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif dalam permainan yang dimodofikasi (lempar tangkap diganti dg gerakan menembak).
·         Siswa melakukan latihan menembak dengan target teman sendiri.
·         Siswa melakukan keterampilan gerak lay up dalam aktivitas permainan bola basket dengan menerapkan kerjasama, percaya diri, rasa tanggungjawab serta sportif dengan permainan yang mendekati sebenarnya.
·         Siswa melakukan latihan lay up dalam kelompok kedalam ring.
·         Siswa melakukan permainan bola basket dengan aturan yang sebenarnya.


Menanya
·         Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka terkait keterampilan gerak melempar, menangkap, menggiring, menembak dan lay up dalam aktivitas permainan bola basket.
·         Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa.

Mengasosiasi
·           Guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi dan pertanyaan siswa.
·         Masing-masing kelompok melakukan apa yang ditugaskan oleh guru.
·         Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam menyimpulkan materi.

Mengomunikasikan
·         Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan mempratikkan keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket.
·         Kelompok/individu siswa  lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·         Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.

105 menit


















































































 










Penutup
·           Meminta beberapa orang dari peserta didik untuk mendemonstrasikan/mempraktikkan beberapa keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket.
·             Guru meng-evaluasi kegiatan yang telah dilakukan
·           Memberikan tugas berupa “kesimpulan secara tertulis dalam buku tugas tentang pembelajaran yang telah dilakukan”.
·           Mengingatkan materi pertemuan berikutnya.

15 menit


H.      K Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktik dan fortofolio (buku tugas).
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok kerjasama, percaya diri, tanggungjawab dan sportif.
Instrumen kinerja fortofolio  menggunakan buku tugas dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket dan variasi latihan lainnya.
Instrumen tes menggunakan tes praktik dan tes tertulis
3.      Contoh Instrumen (Terlampir)








Bandung,  Maret 2017
Mengetahui Kepala SMA ....                                                                Guru Mata PJOK




..................................                                                                          Saefullah, S.Pd. Gr.
NIP.                                                                                                     NIP.

Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................















FORMAT PENILAIAN
a.       Lembar Observasi dan kinerja praktik

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran       : PJOK
Kelas/Program       : XI/
Kompetensi           : KD 3.1 dan 4.1
No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Prakik
Jml
Skor
NilaI
PD
Tgj
Kerj
Spf
L
T
G
Tm
Lu
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1.       
Abdus Shamad
4
4
3

4
3
3


21

2.       












3.       












4.       












5.       












6.       












7.       












8.       












9.       












10.   












11.   












12.   












13.   












14.   












15.   












16.   












17.   












18.   












Keterangan pengisian skor :
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup
1.  Kurang

Keterangan :
PD                   : Percaya Diri
Tgj                   : Tanggungjawab
Kerj                 : Kerjasama
Sptf                  : Peran serta
M                     : Melempar
T                      : Tangkap
G                     : Giring
Tb                    : Menembak /tembak
Lu                    : Lay Up

a.      Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
A.     Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
Pernyataan
Benar
Salah
1.       
Apa itu aktivitas permainan bola basket ?


2.       
Sebutkan 3 keterampilan gerak aktivitas permainan bola basket !


3.       
Bagaimana cara melakukan keterampilan gerak lay up !


4.       
Bagaimana cara bermain aktivitas permainan bola basket !


5.       
Mengapa menembakkan bola dilakukan dengan satu tangan yang kuat dengan diimbangi dengan satu tangan lainya ?



Contoh penugasan fortofolio.
·      Buatlah Fortofolio/rangkuman/kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan ? Isikan poin-poin inti pembalajan serta aktivitas yang telah dilakukan dengan tulis tangan dalam buku tugas.

Struktur Fortofolio adalah sebagai berikut
a.       Identitas siswa
b.      Aktivitas pembelajaran yang dilakukan
c.       Deskripsi fortopolio/rangkuman/kesimpulan pembelajaran



FORMAT PENILAIAN
(PORTOFOLIO)

Mata Pelajaran             : PJOK
Kelas/Peminatan          : XI
Materi Pokok               : NAPZA
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor rata-rata
Nilai
Deskripsi
Kelengkapan materi
Kerapihan
Bahasa


1.                   
Akhyar Mustaqim
3
4
4
3
3,33
83
2.                   







3.                   







4.                   







5.                   







6.                   







7.                   







8.                   







9.                   







10.               








Dst







Keterangan :
Sangat baik      : 4
Baik                 : 3
Cukup              : 2
Kurang             : 1

Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
 
Pembobotan nilai : 
X 100
 
                                                                                               
                                                                                               


Ketuntasan minimal yang diperoleh skor 18 atau nilai 75

Tips membaca dengan cepat dan benar sesuai isi makna

https://youtube.com/@SaefullahMoch Membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menye...