LAZADA

Selasa, 18 April 2017

Kurikulum 2013 RPP Senam Lantai



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMA
Mata Pelajaran
: PJOK
Kelas/Semester
: XI/Ganjil
Materi
: Aktivitas Senam Lantai
Sub Materi
: Keterampilan Gerak Lompat Kangkang
Alokasi Waktu
: 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
     3.6.1 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak lompat kangkang

4.6 Mempraktikkan hasil analisis berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
     4.6.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak lompat kangkang

C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari infomasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan hasil analisis bentuk geak keterampilan gerak lompat kangkang.
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan :
1.      Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak lompat kangkang dengan menerapkan nilai disiplin, tanggungjawab dan peduli.
D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi              : Aktivitas Senam Lantai
2.      Sub Materi      : a. Keterampilan gerak lompat kangkang
-          Awalan (Locomotion)
-          Tolakan (bertumpu)
-          Mendarat (Landing)

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model                                      : Discovery Learning
2.      Metode                                    :
3.      Pendekatan                             : Sientifik

F.     Media/alat/sumber Pembelajaran
1.      Alat/media      : a.
  b. Pluit
  c. Stop wacth
  d. Lapang
2.      Sumber            : [online]Taufik. Teknik Loncat Kangkang. Tersedia di http://www.olahragakesehatanjasmani.com/2014/11/teknik-dasar-gerakan-lompat-atau-loncat.html diakses pada 18 April 2017
G.    Kegiatan Pembelajaran
No
Tugas Guru
Tugas Siswa
Formasi
1
Pendahuluan

·      Guru menunjuk satu orang siswa untuk memimpin berdoa
·      Guru mengecek siswa yang hadir
·      Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Siswa melakukan berdoa dengan dipimpin oleh salah satu orang dari mereka
·         Siswa mendengarkan/menyimak apa yang guru sampaikan
 
2
Inti

·      Guru memberikan tugas siswa dengan permainan kucing-tikus lompat.
·      Guru mengamati dan memberi umpan balik ketika permainan tidak sesuai dengan yang di intruksikan

·      Siswa mencoba melakukan pemanasan dengan permainan kucing –tikus lompat yang di pimpin langsung oleh guru.



·      Guru Memberi tugas siswa untuk saling berpasangan
·      Guru memberikan pengarahan kepada siswa terkait keterampilan gerak lompat kangkang
·      Guru mendemonstrasikan keteramplan gerak lompat kangkang
·      Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya

·      Siswa saling berpasangan
·      Siswa menyimak penjelasan dari guru
·      Siswa mengamati pola gerak keterampilan lompat kangkang
·      Apabila kurang paham, siswa boleh bertanya kepada guru.
·      Siswa lain boleh mejawab apabila ada yang mamp untuk menjawab
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYFqQfxRQS9gk-_5ypsr8-JctvGJBoSNuuGYrtarvm7Fkbqp1qr-4pFrGTfA7HUoXUdcG9E_uhY9UAo-gsSwi96d8kablvJQaViZBG49H-KeYf8mMqr2KpfcpEbq1Wgy1DrKQoALEt_Gk/s1600/lompat+kangkang.jpg

·      Guru memberikan tugas siswa untuk mencoba merasakan keterampilan gerak lompat kangkang secara keseluruhan secara berpasangan
·      Guru memberi feedback kepada siswa dari hasil mencoba.
·      Guru menyuruh siswa untuk menganalisis keterampilan gerak dari pengalamanya masing-masing.
·      Guru memnyakan tahapan keterampilan gerak lompat kangkang pada siswa

·      Siswa mencoba melakukan keterampilan gerak lompat kangkang secara berpasangan sampai 3-4 kali pengulangan
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru
·         Siswa mulai mengasosiasikan keterampilan gerak lompat kangkang dari hasil pengalam geraknya masing-masing
·         Siswa menjawab pertanyaan dari guru dari hasil analisa menurut pengalaman geraknya





Description: C:\Users\asus\Pictures\1.jpg                                             







·      Guru membuat latihan keterampilan gerak awalan lompat kangkang dengan arahan sikap awal-lari-loncat sambil membuka kedua kaki
·      Guru mengamati kegitan siswa
·      Guru memberikan penguatan agar siswa lebih termotivasi
·      Guru mengkomunikasikan hasil mencoba siswa serta memberikan feedback
·      Setelah siswa menemukan masalah, dan belajar memberikan solusi, guru menugaskan siswa untuk kembali melakukan tugas gerak awal kembali
·         Siswa mencoba melakukan keterampilan gerak awalan sampai 10 kali pengulangan
·         Siswa diperbolehkan untuk menyampaikan pengalaman geraknya, menyampaikan kendala dan mencoba membuat solusi
·         Siswa lain boleh menanggapi, menambahkan dan memberikan jawaban maupun solusi
·         Siswa mempraktikkan kembali keterampilan gerak awalan dari hasil analisis permasalahan diatas. Sampai 20 kali pengulangan.
Description: C:\Users\asus\Pictures\lo.jpg

·         Guru memberikan arahan kepada siswa terkait keterampilan gerak menolak lompat kangkang
·         Guru memberikan tugas pada siswa untuk mempraktikkan tolakan secara berpasangan
·         Guru mengamati kegitan siswa
·         Guru memberikan penguatan agar siswa lebih termotivasi
·         Guru mengkomunikasikan hasil mencoba siswa serta memberikan feedback
·         Setelah siswa menemukan masalah, dan belajar memberikan solusi, guru menugaskan siswa untuk kembali melakukan tugas gerak awal-tolakan kembali
·         Siswa menyimak penjelasan dari guru
·         Siswa bertanya apabila ada hal yang kuang dipahami
·         Siswa mencoba melakukan keterampilan gerak tolakan 10 kali pengulangan
·         Siswa diperbolehkan untuk menyampaikan pengalaman geraknya, menyampaikan kendala dan mencoba membuat solusi
·         Siswa lain boleh menanggapi, menambahkan dan memberikan jawaban maupun solusi
·         Siswa mempraktikkan kembali keterampilan gerak awalan-tolakan dari hasil analisis permasalahan diatas. Sampai 20 kali pengulangan
Description: C:\Users\asus\Pictures\2.jpg

·         Guru memberikan arahan kepada siswa terkait keterampilan gerak mendarat lompat kangkang
·         Guru memberikan tugas pada siswa untuk mempraktikkan keterampilan gerak secara keseluruhan dari awalan-tolakan-mendarat secara berpasangan
·         Guru mengamati kegitan siswa
·         Guru memberikan penguatan agar siswa lebih termotivasi
·         Guru mengkomunikasikan hasil mencoba siswa serta memberikan feedback
·         Setelah siswa menemukan masalah, dan belajar memberikan solusi, guru menugaskan siswa untuk kembali melakukan tugas gerak awal-tolakan-mendarat kembali
·         Siswa menyimak penjelasan dari guru
·         Siswa bertanya apabila ada hal yang kuang dipahami
·         Siswa mencoba melakukan keterampilan gerak awalan-tolakan-mendarat 10 kali pengulangan
·         Description: C:\Users\asus\Pictures\3a.jpgSiswa diperbolehkan untuk menyampaikan pengalaman geraknya, menyampaikan kendala dan mencoba membuat solusi
·         Siswa lain boleh menanggapi, menambahkan dan memberikan jawaban maupun solusi
·         Siswa mempraktikkan kembali keterampilan gerak awalan-tolakan-mendarat dari hasil analisis permasalahan diatas. Sampai 20 kali pengulangan


3
Penutup

·         Guru meminta beberapa peserta didik untuk mendemonstrasikan dan menjelaskan keterampilan gerak lompat kangkang dari hasil analisis pengalaman geraknya masing-masing.
·         Guru memberikan evaluasi hasil penampilan siswa dan serta pembelajaran yang dilakukan
·         Memberikan tugas kepada siswa berupa”kesimpulan secara tertulis dalam buku tugas terkait pembelajaran yang telah dilakukan”.
·         Menginatkan materi selanjutnya.
·         Memastikan siswa lengkap dan tidak ada yang kurang.
·         Guru meminta salah satu siswa untuk meminpin berdoa
·         Siswa menyimak arahan dan evaluasi dari guru
·         Beberapa siswa mendemonstrasikan dan serta menjelaskan keterampilan gerak lompat kangkang dari hasil analisis pengalaman geraknya masing-masing.
·         Salah satu siswa menyampaikan kesimpulan pembelajaran
·         Siswa berdoa dengan dipimpin oleh salah satu temanya.

1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi, kinerja latihan. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktik dan fortofolio (buku tugas).
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas pemelajaran yaitu disiplin, tanggungjawab dan peduli.
Instrumen kinerja fortofolio  menggunakan buku tugas dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan keterampilan gerak lompat kangkang.
Instrumen tes menggunakan tes praktik dan tes tertulis
3.      Contoh Instrumen (Terlampir)



Bandung,  April 2017
Mengetahui Kepala SMA ....                                                                Guru Mata PJOK




..................................                                                                          Saefullah, S.Pd. Gr.
NIP.                                                                                                     NIP.

Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



FORMAT PENILAIAN
a.       Lembar Observasi dan kinerja praktik

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA SISWA
Mata Pelajaran       : PJOK
Kelas/Program       : XI/
No
Nama
PENGETAHUAN
SIKAP
KETERAMPILAN
Nilai akhir
1
2
3
Disiplin
Bertanggung Jawab
Peduli
Awalan
Menolak
Mendarat
1











2











3











4











5











Ket.
1.      Analisislah keterampilan gerak lompat kangkang ?
*awalan-tolakan-mendarat
2.       Ketika menolak bagaimanakah posisi tangan ?
3.      Mengapa ketika mendarat lutut harus ditekuk?

Skala: 1-4
4: Jika memenuhi 3 kriteria
3: Jika  memenuhi 2 kriteria
2: Jika  memenuhi 1 kriteria
1: Jika  memenuhi 0 kriteria
Ket
1.      Menampilkan sikap  disiplin dalam  mengikuti pembelajaran.
2.      Menampilkan sikap tanggungjawab dalam melakukan awalan-tolakan-mendarat
3.      Menampilkan sikap Peduli dalam permainan dalam aktivitas berpasangan

Skala: 1-4
4: Jika memenuhi 4 kriteria
3: Jika  memenuhi 3 kriteria
2: Jika  memenuhi 2 kriteria
1: Jika  memenuhi 1 kriteria
Ket
1.      Menampilkan hasil analisis keterampilan gerak dalam aktivitas awalan
2.      Menampilkan hasil analisis keterampilan menolak
3.      Menampilkan hasil analisis keterampilan gerak mendarat

Skala 1-4
4: Jika memenuhi 4 kriteria
3: Jika  memenuhi 3 kriteria
2: Jika  memenuhi 2 kriteria
1: Jika  memenuhi 1 kriteria





Keterangan :
No.
ASPEK SIKAP
SKOR (1-4)
ASPEK KETERMPILAN
SKOR (1 - 4)
1.
Disiplin
a.       Tidak terlambat
b.      Dapat mengikuti aturan yang diberikan.
c.       Memakai pakaian olahraga
d.      Mengerjakan tugas tepat waktu

Awalan
1.      Berdiri tegak kaki rapat
2.      Pandangan kedepan
3.      Berlari
4.      Mengayunkan tangan ketika berlari


2.
Peduli
a.       Mengakui kesalahan dalam melakukan aktivitas.
b.      Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan dalam berlatih.
c.       Tidak melindungi kawan yang melakukan kesalahan
d.      Mau membantu temanya.

Tolakan
1.      Menolak dengan kedua tangan
2.      Kedua kaki terbuka lebar (ngangkang)
3.      Pandangan kedepan
4.      Tangan lurus

3.
Tanggung Jawab
a.       Bertanggungjawab atas keselamatanya sendiri.
b.      Bertanggungjawab atas keselamatan orang lain.
c.       Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
d.       

Mendarat
1.      Kaki lebih dahulu mendarat
2.      Kedua tangan lurus kedepan
3.      Lutut ditekuk
4.      Pandangan kedepan



TOTAL SKOR = 16

TOTAL SKOR = 16



a.      Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
              i.      Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
Pernyataan
1.       
Analisislah manfaat aktivitas lompat kangkang bagi diri sendiri   !
2.       
Analisis 3 keterampilan gerak aktivitas lompat kangkang !
3.       
Apakah perbadaan melakukan keterampilan gerak menolak dan mendarat !
4.       
Bagaimana cara bermain aktivitas lompat kangkang berpasangan !
5.       
Mengapa harus ada awalan dalam melakukan lompat kangkang ?

Contoh penugasan fortofolio.
·      Buatlah Fortofolio/rangkuman/kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan ? Isikan poin-poin inti pembalajan serta aktivitas yang telah dilakukan dengan tulis tangan dalam buku tugas.

Struktur Fortofolio adalah sebagai berikut
a.       Identitas siswa
b.      Aktivitas pembelajaran yang dilakukan
c.       Deskripsi fortopolio/rangkuman/kesimpulan pembelajaran



FORMAT PENILAIAN
(PORTOFOLIO/BUKU TUGAS PRIBADI)

Mata Pelajaran             : PJOK
Kelas/Peminatan          : XI
Materi Pokok               : Aktivitas Bola Basket
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor rata-rata
Nilai
Deskripsi
Kelengkapan materi
Kerapihan
Bahasa


1.                   
Akhyar Mustaqim
3
4
4
3
3,33

2.                   







3.                   







4.                   







5.                   








Dst







Keterangan :
Sangat baik      : 4
Baik                 : 3
Cukup              : 2
Kurang            : 1
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
 
Pembobotan nilai : 
X 100
 
                                                                                               
                                                                                               


Ketuntasan minimal yang diperoleh skor 18 atau nilai 75

Tips membaca dengan cepat dan benar sesuai isi makna

https://youtube.com/@SaefullahMoch Membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menye...