RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
|
Satuan
Pendidikan
|
: SMA
|
|
Mata
Pelajaran
|
: PJOK
|
|
Kelas/Semester
|
: XI/Ganjil
|
|
Materi
|
: Aktivitas Senam Lantai
|
|
Sub Materi
|
: Keterampilan Gerak Lompat
Kangkang
|
|
Alokasi
Waktu
|
: 3 x 45 menit
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
3.6
Menganalisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas
spesifik senam lantai
3.6.1
Menganalisis keterampilan rangkaian gerak lompat kangkang
4.6 Mempraktikkan
hasil analisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih kompleks dalam aktivitas
spesifik senam lantai
4.6.1
Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak lompat kangkang
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari
infomasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan hasil analisis bentuk geak keterampilan
gerak lompat kangkang.
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan peserta didik diharapkan :
1. Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
lompat kangkang dengan menerapkan nilai disiplin, tanggungjawab dan peduli.
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi :
Aktivitas Senam Lantai
2. Sub Materi :
a. Keterampilan gerak lompat kangkang
-
Awalan (Locomotion)
-
Tolakan
(bertumpu)
-
Mendarat
(Landing)
E.
Metode Pembelajaran
1. Model :
Discovery Learning
2. Metode :
3. Pendekatan :
Sientifik
F.
Media/alat/sumber Pembelajaran
1. Alat/media :
a.
b. Pluit
c. Stop wacth
d. Lapang
2.
Sumber : [online]Taufik.
Teknik Loncat Kangkang. Tersedia di http://www.olahragakesehatanjasmani.com/2014/11/teknik-dasar-gerakan-lompat-atau-loncat.html
diakses pada 18 April 2017
G.
Kegiatan Pembelajaran
|
No
|
Tugas
Guru
|
Tugas
Siswa
|
Formasi
|
|
1
|
Pendahuluan
|
||
|
|
· Guru
menunjuk satu orang siswa untuk memimpin berdoa
· Guru
mengecek siswa yang hadir
·
Menyampaikan kompetensi (KD)
yang akan diajarkan
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
·
Siswa melakukan berdoa dengan
dipimpin oleh salah satu orang dari mereka
·
Siswa mendengarkan/menyimak apa
yang guru sampaikan
|
|
|
2
|
Inti
|
||
|
|
·
Guru
memberikan tugas siswa dengan permainan kucing-tikus lompat.
·
Guru
mengamati dan memberi umpan balik ketika permainan tidak sesuai dengan yang
di intruksikan
|
·
Siswa mencoba melakukan
pemanasan dengan permainan kucing –tikus lompat yang di pimpin langsung oleh
guru.
|
![]() |
|
|
·
Guru
Memberi tugas siswa untuk saling berpasangan
·
Guru
memberikan pengarahan kepada siswa terkait keterampilan gerak lompat kangkang
·
Guru
mendemonstrasikan keteramplan gerak lompat kangkang
·
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya
|
·
Siswa saling berpasangan
·
Siswa menyimak penjelasan dari
guru
·
Siswa mengamati pola gerak
keterampilan lompat kangkang
·
Apabila kurang paham, siswa
boleh bertanya kepada guru.
·
Siswa lain boleh mejawab
apabila ada yang mamp untuk menjawab
|
![]() ![]() |
|
|
·
Guru memberikan tugas siswa untuk mencoba
merasakan keterampilan gerak lompat kangkang secara keseluruhan secara
berpasangan
·
Guru memberi feedback kepada siswa dari hasil
mencoba.
·
Guru menyuruh siswa untuk menganalisis
keterampilan gerak dari pengalamanya masing-masing.
·
Guru memnyakan tahapan keterampilan gerak lompat
kangkang pada siswa
|
·
Siswa mencoba melakukan
keterampilan gerak lompat kangkang secara berpasangan sampai 3-4 kali
pengulangan
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru
·
Siswa mulai mengasosiasikan
keterampilan gerak lompat kangkang dari hasil pengalam geraknya masing-masing
·
Siswa menjawab pertanyaan dari
guru dari hasil analisa menurut pengalaman geraknya
|
![]() |
|
|
·
Guru membuat latihan keterampilan gerak awalan
lompat kangkang dengan arahan sikap awal-lari-loncat sambil membuka kedua
kaki
·
Guru mengamati kegitan siswa
·
Guru memberikan penguatan agar siswa lebih
termotivasi
·
Guru mengkomunikasikan hasil mencoba siswa serta
memberikan feedback
·
Setelah siswa menemukan masalah, dan belajar
memberikan solusi, guru menugaskan siswa untuk kembali melakukan tugas gerak
awal kembali
|
·
Siswa mencoba melakukan
keterampilan gerak awalan sampai 10 kali pengulangan
·
Siswa diperbolehkan untuk
menyampaikan pengalaman geraknya, menyampaikan kendala dan mencoba membuat solusi
·
Siswa lain boleh menanggapi,
menambahkan dan memberikan jawaban maupun solusi
·
Siswa mempraktikkan kembali
keterampilan gerak awalan dari hasil analisis permasalahan diatas. Sampai 20
kali pengulangan.
|
|
|
|
·
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait keterampilan
gerak menolak lompat kangkang
·
Guru memberikan tugas pada siswa untuk
mempraktikkan tolakan secara berpasangan
·
Guru mengamati kegitan siswa
·
Guru memberikan penguatan agar siswa lebih
termotivasi
·
Guru mengkomunikasikan hasil mencoba siswa serta memberikan
feedback
·
Setelah siswa menemukan masalah, dan belajar
memberikan solusi, guru menugaskan siswa untuk kembali melakukan tugas gerak
awal-tolakan kembali
|
·
Siswa menyimak penjelasan dari
guru
·
Siswa bertanya apabila ada hal
yang kuang dipahami
·
Siswa mencoba melakukan
keterampilan gerak tolakan 10 kali pengulangan
·
Siswa diperbolehkan untuk
menyampaikan pengalaman geraknya, menyampaikan kendala dan mencoba membuat
solusi
·
Siswa lain boleh menanggapi,
menambahkan dan memberikan jawaban maupun solusi
·
Siswa mempraktikkan kembali
keterampilan gerak awalan-tolakan dari hasil analisis permasalahan diatas.
Sampai 20 kali pengulangan
|
![]() ![]() |
|
|
·
Guru memberikan arahan kepada siswa terkait
keterampilan gerak mendarat lompat kangkang
·
Guru memberikan tugas pada siswa untuk
mempraktikkan keterampilan gerak secara keseluruhan dari
awalan-tolakan-mendarat secara berpasangan
·
Guru mengamati kegitan siswa
·
Guru memberikan penguatan agar siswa lebih
termotivasi
·
Guru mengkomunikasikan hasil mencoba siswa serta
memberikan feedback
·
Setelah siswa menemukan masalah, dan belajar
memberikan solusi, guru menugaskan siswa untuk kembali melakukan tugas gerak
awal-tolakan-mendarat kembali
|
·
Siswa menyimak penjelasan dari
guru
·
Siswa bertanya apabila ada hal
yang kuang dipahami
·
Siswa mencoba melakukan
keterampilan gerak awalan-tolakan-mendarat 10 kali pengulangan
·
Siswa
diperbolehkan untuk menyampaikan pengalaman geraknya, menyampaikan kendala
dan mencoba membuat solusi
·
Siswa lain boleh menanggapi,
menambahkan dan memberikan jawaban maupun solusi
·
Siswa
mempraktikkan kembali keterampilan gerak awalan-tolakan-mendarat dari hasil
analisis permasalahan diatas. Sampai 20 kali pengulangan |
|
|
3
|
Penutup
|
||
|
|
·
Guru meminta beberapa peserta didik untuk
mendemonstrasikan dan menjelaskan keterampilan gerak lompat kangkang dari
hasil analisis pengalaman geraknya masing-masing.
·
Guru memberikan evaluasi hasil penampilan siswa
dan serta pembelajaran yang dilakukan
·
Memberikan tugas kepada siswa berupa”kesimpulan
secara tertulis dalam buku tugas terkait pembelajaran yang telah dilakukan”.
·
Menginatkan materi selanjutnya.
·
Memastikan siswa lengkap dan tidak ada yang
kurang.
·
Guru meminta salah satu siswa untuk meminpin
berdoa
|
·
Siswa menyimak arahan dan
evaluasi dari guru
·
Beberapa siswa
mendemonstrasikan dan serta menjelaskan keterampilan gerak lompat kangkang
dari hasil analisis pengalaman geraknya masing-masing.
·
Salah satu siswa menyampaikan
kesimpulan pembelajaran
·
Siswa berdoa dengan dipimpin
oleh salah satu temanya.
|
![]() |
1. Mekanisme
dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi, kinerja
latihan. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktik dan fortofolio
(buku tugas).
2. Aspek
dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas pemelajaran
yaitu disiplin, tanggungjawab dan peduli.
Instrumen kinerja
fortofolio menggunakan buku tugas dengan
fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan keterampilan gerak lompat
kangkang.
Instrumen tes
menggunakan tes praktik dan tes tertulis
3. Contoh
Instrumen (Terlampir)
Bandung,
April 2017
Mengetahui Kepala SMA .... Guru Mata PJOK
.................................. Saefullah, S.Pd. Gr.
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
FORMAT PENILAIAN
a.
Lembar
Observasi dan kinerja praktik
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA SISWA
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Program : XI/
|
No
|
Nama
|
PENGETAHUAN
|
SIKAP
|
KETERAMPILAN
|
Nilai akhir
|
||||||
|
1
|
2
|
3
|
Disiplin
|
Bertanggung
Jawab
|
Peduli
|
Awalan
|
Menolak
|
Mendarat
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket.
1.
Analisislah keterampilan gerak lompat kangkang ?
*awalan-tolakan-mendarat
2.
Ketika menolak bagaimanakah posisi tangan ?
3.
Mengapa
ketika mendarat lutut harus ditekuk?
Skala: 1-4
4: Jika memenuhi 3 kriteria
3: Jika memenuhi 2 kriteria
2: Jika memenuhi 1 kriteria
1: Jika memenuhi 0 kriteria
|
Ket
1.
Menampilkan
sikap disiplin dalam mengikuti
pembelajaran.
2.
Menampilkan
sikap tanggungjawab dalam melakukan awalan-tolakan-mendarat
3.
Menampilkan
sikap Peduli dalam permainan dalam aktivitas berpasangan
Skala: 1-4
4: Jika memenuhi 4 kriteria
3: Jika memenuhi 3 kriteria
2: Jika memenuhi 2 kriteria
1: Jika memenuhi 1 kriteria
|
Ket
1.
Menampilkan
hasil analisis keterampilan gerak dalam aktivitas awalan
2.
Menampilkan
hasil analisis keterampilan menolak
3.
Menampilkan
hasil analisis keterampilan gerak mendarat
Skala 1-4
4: Jika memenuhi 4 kriteria
3: Jika memenuhi 3 kriteria
2: Jika memenuhi 2 kriteria
1:
Jika memenuhi 1 kriteria
|
|||||||||
Keterangan :
|
No.
|
ASPEK SIKAP
|
SKOR (1-4)
|
ASPEK
KETERMPILAN
|
SKOR (1 - 4)
|
|
1.
|
Disiplin
a.
Tidak
terlambat
b.
Dapat
mengikuti aturan yang diberikan.
c.
Memakai
pakaian olahraga
d.
Mengerjakan
tugas tepat waktu
|
|
Awalan
1.
Berdiri
tegak kaki rapat
2.
Pandangan
kedepan
3.
Berlari
4.
Mengayunkan
tangan ketika berlari
|
|
|
2.
|
Peduli
a.
Mengakui kesalahan dalam melakukan aktivitas.
b.
Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan dalam
berlatih.
c.
Tidak melindungi kawan yang melakukan kesalahan
d.
Mau membantu temanya.
|
|
Tolakan
1.
Menolak
dengan kedua tangan
2.
Kedua
kaki terbuka lebar (ngangkang)
3.
Pandangan
kedepan
4.
Tangan
lurus
|
|
|
3.
|
Tanggung Jawab
a.
Bertanggungjawab
atas keselamatanya sendiri.
b.
Bertanggungjawab
atas keselamatan orang lain.
c.
Berani
meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
d.
|
|
Mendarat
1.
Kaki
lebih dahulu mendarat
2.
Kedua
tangan lurus kedepan
3.
Lutut
ditekuk
4.
Pandangan
kedepan
|
|
|
|
||||
|
TOTAL SKOR = 16
|
|
TOTAL SKOR = 16
|
|
|
a. Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
i.
Berilah
tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
|
No
|
Pernyataan
|
|
1.
|
Analisislah manfaat aktivitas lompat
kangkang bagi diri sendiri !
|
|
2.
|
Analisis 3 keterampilan gerak
aktivitas lompat kangkang !
|
|
3.
|
Apakah perbadaan melakukan
keterampilan gerak menolak dan mendarat
!
|
|
4.
|
Bagaimana
cara bermain aktivitas lompat kangkang berpasangan !
|
|
5.
|
Mengapa
harus ada awalan dalam melakukan lompat kangkang ?
|
Contoh penugasan fortofolio.
· Buatlah Fortofolio/rangkuman/kesimpulan
dari pembelajaran yang telah dilakukan ? Isikan poin-poin inti pembalajan serta
aktivitas yang telah dilakukan dengan tulis tangan dalam buku tugas.
Struktur Fortofolio
adalah sebagai berikut
a.
Identitas
siswa
b.
Aktivitas
pembelajaran yang dilakukan
c.
Deskripsi
fortopolio/rangkuman/kesimpulan pembelajaran
FORMAT
PENILAIAN
(PORTOFOLIO/BUKU
TUGAS PRIBADI)
Mata Pelajaran :
PJOK
Kelas/Peminatan : XI
Materi Pokok : Aktivitas Bola Basket
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor rata-rata
|
Nilai
|
|||
|
Deskripsi
|
Kelengkapan materi
|
Kerapihan
|
Bahasa
|
||||
|
1.
|
Akhyar Mustaqim
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3,33
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sangat baik : 4
Baik : 3
Cukup : 2
Kurang : 1
|
|
Ketuntasan minimal yang diperoleh
skor 18 atau nilai 75










