Analisis Kurikulum
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Permainan Bola Besar (SMP)
|
No
|
Kelas
|
Semester
|
SK
|
Pernyataan
|
KD
|
Pernyataan
|
|
1
|
VII
|
1
|
1
|
Mempraktikkan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1
|
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
|
|
2
|
VII
|
2
|
8
|
Mempraktikkan
teknik dasar permainan dan olahraga
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
8.1
|
Mempraktikkan
teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian**)
|
|
3
|
VIII
|
1
|
1.
|
Mempraktikkan berbagai teknik
dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
|
1.1
|
Mempraktikkan
teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan
dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
4
|
VIII
|
2
|
7
|
Mempraktikkan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1
|
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
5
|
IX
|
1
|
1
|
Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam
permainan dan olahraga serta
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
1.1
|
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan konsisten
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan dan bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
6
|
IX
|
2
|
8
|
Mengembangkan
berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1
|
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan tepat dan lancar
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
Permainan Bola Besar (SMA)
|
No
|
Kelas
|
Semester
|
SK
|
Pernyataan
|
KD
|
Pernyataan
|
|
1
|
X
|
1
|
1
|
Mempraktikkan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1
|
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri**)
|
|
2
|
8
|
Mempraktikkan
teknik dasar permainan dan olahraga dalam bentuk
sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
8.1
|
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga
beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, percaya diri **)
|
||
|
2
|
XI
|
1
|
1.
|
Mempraktikkan berbagai teknik
dasar permainan dan olahraga dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
|
1.1
|
Mempraktikkan
keterampilan teknik bermain salah satu permainan
olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri **)
|
|
|
2
|
7
|
Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan
teknik dan taktik , dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1
|
Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)
|
|
|
3
|
XII
|
1
|
1
|
Mempraktikkan keterampilan
permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1
|
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
besar lanjutan dengan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)
|
|
2
|
6
|
Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1
|
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola
besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima
kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)
|
KURIKULUM 2013 revisi Des 2016
Permainan Bola Besar SMP
|
No
|
Kelas
|
Semester
|
KI
|
Pernyataan
|
KD
|
Pernyataan
|
|
1
|
VII
|
|
3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
|
Memahami variasi gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola besar sederhana dan atau tradisional
|
||
|
2
|
VIII
|
|
3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
|
Memahami variasi gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
3
|
IX
|
|
3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
|
Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
|
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
Analisi KI
dan KD PJOK SMA K13 Menurut Permen 2016
|
KI
|
Kelas
|
KD
|
||
|
3
|
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
X
|
3
|
Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak
yang baik*
|
|
|
4
|
Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan
koordinasi gerak
yang baik*
|
||
|
XI
|
3
|
Mengevaluasi keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta menyusun
rencana
perbaikan*
|
||
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
|
4
|
Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar serta menyusun
rencana
perbaikan*
|
|
XII
|
3
|
Merancang pola
penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar*
|
||
|
|
4
|
Mempraktikkan hasil rancangan pola penyerangan
dan pertahanan salah satu permainan bola besar*
|
||